oleh

Panwaslu Perpanjang Masa Pendaftaran PPL

“Dari 72 kelurahan, ada 42 kelurahan yang masa pendaftarannya diperpanjang,”kata Divisi SDM Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mursydi.

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Antusias pendaftar calon petugas Panitia Pengawas Pemilu (PPL) Kelurahan di Kota Lubuklinggau masih minim. Panitia Pengawas Pemilihan Kota Lubuklinggau pun memperpanjang masa pendaftaran dan penerimaan berkas mulai 3 Januari hingga tanggal 8 Januari 2018. Perpanjangan pendaftaran ini untuk memberi kesempatan masyarakat berpartisipasi menjadi pengawas pemilu di tingkat Kelurahan.

Divisi SDM Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mursydi mengatakan penerimaan petugas PPL sesuai Juknis Bawaslu perihal pembentukan PPL, yakni setiap kelurahan minimal ada tiga pendaftar. Kuota ini dimaksudkan agar ada kompetensi sehat dalam seleksi.

“Namun hingga pendaftaran ditutup masih ada sejumlah Kelurahan yang belum bisa memenuhi kuota,” kata Mursydi, Rabu (3/1).

Dijelaskan Mursydi, kelurahan yang sudah memiliki minimal pendaftar tiga maka pendaftaran akan langsung ditutup. Ada sejumlah kendala kenapa minat masyarakat menjadi petugas PPL tidak setinggi pada saat seleksi Panwascam. Diantaranya masa pendaftaran yang dilakukan menjelang akhir tahun, saat musim libur Natal dan Tahun Baru. Selanjutnya, kendala umur karena batas minimal 25 tahun juga sangat memengaruhi.

“Selama ini, banyak peminat justru masih berusia di bawah 25 tahun. Walaupun berkasnya tetap kita terima, tapi mereka dipastikan tidak lulus. Jadi, khusus untuk yang masih berusia di bawah 25 tahun pasti akan mengurungkan niatnya untuk mendaftar,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Pokja Penerimaan Petugas PPL Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Andre Afandi menjelaskan kalau pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai penerimaan petugas PPL dengan menempelkan pengumuman penerimaan di tempat-tempat strategis atau di tempat layanan publik, salah satunya kantor kelurahan.

“Semoga dimasa perpanjangan ini, kuota bisa terpenuhi,” harapnya.

Untuk diketahui dari 72 kelurahan yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau, ditemukan ada 48 kelurahan yang tidak memenuhi ambang batas minimal pendaftar, sedangkan yang memenuhi syarat hanya 24 kelurahan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita