oleh

Panwaslu Lengkapi Kekurangan PPL

“Tiga petugas PPL yang baru dilantik ini, harus segera beradaptasi dengan tahapan Pilkada yang tengah berjalan,” kata Ketua Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husen.

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK TANJUNG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau, Kamis (29/3) melantik tiga Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Adapun PPL yang dilantik tersebut adalah Alex Kusuma sebagai PPL Kelurahan Lubuk Tanjung, Guntur Pertiwi PPL Kelurahan Lubuk Aman, dan Wahyu Debriansyah PPL Kelurahan Bandung Kiri.

Ketua Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husen mengatakan dilakukannya pelantikan PPL di tiga Kelurahan tersebut dikarenakan pada perekrutan Januari lalu, tidak ada satupun masyarakat yang mendaftar untuk jadi PPL.

Sehingga, lanjut Mirwan sesuai dengan petunjuk Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), kembali dilakukan seleksi penerimaan PPL di tiga kelurahan tersebut. Hasilnya, tiga orang yang dilantik ini sudah memenuhi syarat sebagai petugas PPL.

“Alhamdulillah, tiga orang yang dilantik ini merupakan yang terbaik diantara yang baik. Jadi, kita sangat optimis kalau mereka akan melaksanakan tugas dengan baik,” kata Mirwan.

Menurut Mirwan, tugas PPL adalah melakukan pengawasan setiap tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada, mulai dari kampanye, distribusi logistik hingga pungut hitung yang akan dilakukan pada 27 Juni mendatang.

“Masing-masing dari PPL, mempunyai tugas yang sama, yakni melakukan pengawasan di wilayah kerja masing-masing. Mencegah terjadinya pelanggaran, dan melaporkan setiap aktivitas yang terjadi di wilayah kerja, dan pekerjaan yang sudah di depan mata, yakni mengawasi kampanye,” jelasnya.

Maka dari itu, dirinya berharap agar tiga PPL yang sudah dilantik ini untuk cepat menyesuaikan diri, dengan tahapan yang tengah berjalan saat ini, serta bekerja sesuai dengan peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

“Prinsipnya, penyelenggara Pemilu harus netral dengan tidak memihak kemanapun. Jadi, ketika menemukan ada indikasi pelanggaran, PPL harus segera berkoordinasi dengan Panwascam, guna dilakukan kajian mengenai hal itu, agar tidak salah dalam melakukan tindakan, begitu pun selanjutnya, Panwascam juga harus berkoordinasi dengan Panwaslu,” ungkapnya. (01)

Rekomendasi Berita