oleh

Panwaslu Kekurangan Tiga Petugas PPL

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau, masih kekurangan tiga petugas Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL). Semuanya berada di Kecamatan Lubuklinggau Barat I, yakni di Kelurahan Bandung Kiri, Tanjung Indah dan Lubuk Aman.

Pasalnya, sampai berakhirnya masa pendaftaran, dan perpanjangan pendaftaran petugas PPL yang dilakukan hingga tanggal 7 Januari 2018, tidak ada satu pun masyarakat yang mendaftar.

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mursyidi menyayangkan kekurangan petugas PPL tersebut, karena masa pendaftaran sudah diperpanjang sampai empat hari, sesuai dengan instruksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kejadian ini sangat kita sayangkan, karena pada 20 Januari ini, petugas PPL bersama Panwascam dan kami (Panwaslu, red) akan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Coklit,” jelasnya.

Bahkan, dilanjutkan Mursydi, Panwaslu Kota Lubuklinggau sudah melaporkan kejadian ini ke Bawaslu Sumsel, guna meminta petunjuk selanjutnya terkait kosongnya petugas PPL di tiga Kelurahan tersebut. Tapi, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis, tata cara perekrutan petugas PPL di tiga Kelurahan itu.

“Kita masih menunggu petunjuk, baik dari Bawaslu Sumsel maupun Bawaslu RI, terkait teknis perekrutan petugas PPL di tiga Kelurahan ini,” tegasnya.

Terpisah, Divisi Pencegahan Panwascam Lubuklinggau Barat I, Fikri Juliadi mengatakan kalau Seketariat Panwascam Lubuklinggau Barat I, dan Petugas Panwascam Lubuklinggau Barat I, telah melakukan sosialisasi dengan menempelkan pengumuman di sarana dan prasarana umum. Termasuk, berkoordinasi dengan pemerintah Kelurahan terkait penerimaan petugas PPL.

“Bahkan, kita sudah disosialisasikan di Media Sosial (Medsos,red),” jelasnya.

Namun, dilanjutkannya sampai berakhirnya masa pendaftaran, termasuk perpanjangan pendaftaran tidak ada satu pun pendaftar.

“Tepat satu hari usai ditutupnya masa perpanjangan pendaftaran, ada yang daftar, yakni di Kelurahan Bandung Kiri . Dan kami telah lakukan koordinasi dengan Panwaslu terkait pendaftaran itu, hasil koordinasi berkasnya di terima, tapi gugur diadministrasi. Sebab, mendaftar tidak sesuai jadwal,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Rabu (17/1) Panwaslu Kota Lubuklinggau akan melantik petugas PPL, pelantikan itu akan dilakukan di Hotel SMart, Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, sekira pukul 08.30 WIB. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita