oleh

Panwaslu Bakal Instruksikan Panwascam Rekrut PPL

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Musi Rawas, telah menjadwalkan rapat koordinasi (rakor) bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam rangka pengawasan terhadap tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Musi Rawas, Hermansyah mengatakan dalam rakor yang akan dilaksanakan tiga hari lagi tersebut. Panwaslu Kabupaten Musi Rawas, akan menyampaikan ke Panwascam mengenai tata cara perekrutan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), termasuk pembentukan Sekretariat Panwascam.

“Kita (Panwaslu, red) akan segera meminta agar Panwascam membentuk sekretariatnya masing-masing, sekaligus perekrutan PPK, sebab dalam Juknis (Petunjuk Tehnis, red) PPL harus sudah terbentuk satu bulan setelah terbentuknya Panwascam,”kata Hermansyah, Jumat (17/11).

Menurut Hermansyah, dalam rakor tersebut pihaknya akan menyampaikan ke Panwascam, tata cara perekrutan PPL, termasuk syarat-syarat yang harus di penuhi oleh jadi PPL. Dikarenakan, proses perekrutan dilakukan sepenuhnya oleh Panwascam, tapi tetap di bawah pengawasan dari Panwaslu.

“Semua penyelenggara Pemilu, termasuk PPL harus orang yang independent, artinya tidak terlibat dalam kepengurusan Parpol, serta bukan termasuk tim kampanye salah satu kandidat. PPL bekerja di tingkat desa dan kelurahan, mereka membawahi pengawas TPS,” jelas Hermansyah.

Mengenai jumlah pengawas TPS, dilanjutkan Hermansyah sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Desa. Kelurahan yang bersangkutan, misalnya di situ ada lima TPS, maka sudah dipastikan akan ada lima pengawas TPS. Walaupun pengawas TPS kerjanya cuma satu hari, tapi dihitung satu bulan.

“Kita berharap dalam perekrutan PPL dan Pengawas TPS, Panwascam mematuhi aturan yang akan kita sampaikan dalam rakor senin nanti,” harapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita