oleh

Panwaslu Awasi Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan

“Jika verifikasi dilakukan, Panwaslu akan ada di situ untuk mengawasi dan memastikan tidak ada rekayasa dalam bentuk dukungan perseorangan,” kata Anggota Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi.

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau akan memperketat pengawasan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam verifikasi faktual calon perseorangan.

Anggota Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi mengatakan Panwaslu beserta jajarannya akan ikut melakukan verifikasi faktual terhadap syarat yang sudah diserahkan H Toyeb Rakembag-Sofian.

“Jika verifikasi dilakukan, Panwaslu akan ada di situ untuk mengawasi dan memastikan tidak ada rekayasa dalam bentuk dukungan perseorangan,” kata Bahusi, Kamis (7/12).

Menurut Bahusi, untuk saat ini pengawasan terhadap syarat dukungan dilakukan oleh Panwaslu dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), lantaran harus hingga kini mereka belum merekrut Pengawas Pengawas Lapangan (PPL), karena belum ada petunjuk dari Bawaslu.

“Kita tungggu instruksi Bawaslu provinsi, seperti apa. Tapi, tanpa instruksi pun kami akan jalan, mungkin dengan sistem uji petik atau sampel. Mudah-mudahan bisa optimal,”jelasnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi seluruh tahapan Pilkada, termasuk tahapan pencalonan perseorangan atau independen.

“Penting untuk menggandeng semua golongan. Mari sama-sama kita ciptakan Pilkada demokratis dan bermartabat di Kota Lubuklinggau,” ungkapnya.

Sesuai aturan terbaru, semua pendukung calon independen harus dikunjungi rumahnya satu per satu oleh KPU untuk dilakukan verifikasi faktual.

Verifikasi dilakukan untuk memastikan kebenaran bahwa yang bersangkutan mendukung pasangan calon tersebut atau tidak.
Calon independen diwajibkan mengumpulkan 15.470 KTP dari delapan kecamatan di Kota Lubuklinggau. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita