oleh

Panwascam Muratara Harus Pegang Integritas

LINGGAU POS ONLINE- Komisioner Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Paulina menegaskan bahwa setiap Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya. Karena integritas berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang ada dalam diri seseorang. Maka, bila ada penyelenggara tidak memiliki integritas, maka akan mudah terhasut oleh orang-orang yang ingin berbuat curang pada pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

Selain itu, Panwascam merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu dalam mengawasi tahapan demi tahapan dalam pelaksanaan Pilkada. Artinya, Panwascam memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan Pilkada. Sebab, gejolak timbul dari bawah bukannya dari atas.

“Ingat, menyukseskan Pilkada merupakan tugas kita bersama. Terutama, Panwascam yang merupakan ujung tombak pengawasan tingkat kecamatan. Kami, hanya mengingatkan, karena kami tahu Panwascam yang akan bertugas di Pilkada 2020 merupakan orang-orang terbaik dari yang baik,” katanya.

Panwascam juga harus jeli, terhadap informasi yang berkembang di lapangan. Ketika ada indikasi pelanggaran yang akan terjadi, harus segera dilakukan pencegahan. Sebab, Bawaslu mengutamakan pencegahan dari pada penindakan.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh Panwascam untuk melakukan koordinasi dengan para camat para kepala desa, alim ulama hingga tokoh-tokoh masyarakat setempat. Tujuannya, agar mereka turut serta dalam menyukseskan Pilkada serentak yang akan dilakukan pada 23 September 2019.

“Ingat, jumlah kita terbatas. Maka, dalam melakukan pengawasan kita butuh peran serta dari masyarakat yang melibatkan diri secara sukarela, dalam mengawal proses pelaksanaan Pilkada,” ungkapnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita