oleh

Panwas Perketat Pengawasan

DI hari pencoblosan hingga penetapan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Empat Lawang akan selalu melakukan pengawasan.

Hal itu ditegaskan Ketua Panwaslu Empat Lawang, Rudianto melalui Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Andri Logan.

Pengawas TPS akan selalu mengawasi dari persiapan sampai akhir pencoblosan akan tetap di TPS. Di setiap desa sudah ditempatkan satu Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL). Mereka harus menjalankan kerja sesuai aturan dan mengawasi pelaksanaan pencoblosan hingga selesai.

Selain itu, Panwascam pun wajib mengawasi pelaksanaan pemilihan seperti kotak suara harus masih bersegel.

“Kita juga minta mereka bekerja secara profesional sesuai aturan,” jelasnya.

Menanggapi masih banyak warga yang tidak mendapatkan undangan untuk memilih, ia menyebut seharusnya KPU Kabupaten Empat Lawang lebih sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pemilihan. Memang bagi warga yang mengerti, apabila tidak dapat undangan maupun tidak terdaftar di DPT masih bisa memilih asalkan memiliki KTP-El.

Namun bagi masyarakat yang tidak mengerti ia bakal akan tidak berani untuk mendatangi TPS.

“KPU hanya kurang sosialisasi saja. Kalau kurang sosialisasi bisa jadi target KPU untuk partisipasi memilih kurang. Padahal antusias masyarakat untuk memilih cukup tinggi,” ungkapnya. (10)

Rekomendasi Berita