oleh

Pansus I Ingin Sistem e-Voting Ditinjau Ulang

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Musi Rawas, sudah disampaikan saat rapat paripurna istimewa DPRD, Sabtu (28/4).

Dalam rekomendasi tersebut, ada beberapa catatan penting untuk eksekutif terkait perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Mulai dari Pansus I, di bidang pemerintahan. Ada catatan mereka diantaranya, meminta pemerintah agar penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistem e-Voting harus ditinjau ulang. Bupati Musi Rawas, juga diimbau untuk segera menempati gedung baru, untuk lebih mempermudah berkoordinasi.

Selain itu, BKPSDM diminta kembali menganalisa penataan dan mengatur penempatan serta status Sat Pol PP. Sekaligus memantau kedisiplinan mereka, agar tertib dalam melaksanakan tugas.

“Camat juga diminta dapat menyikapi permasalahan yang timbul di masyarakat, serta membina Kades dan BPD dalam menjalankan tugas,” jelas Sekwan DPRD Musi Rawas, Amir Hamzah ketika membacakan rekomendasi masing-masing Pansus.

Selanjutnya, Pansus II dibidang Ekonomi. Untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), masih ada beberapa indikator yang belum optimal. Terutama dalam hal angka pengunjung objek wisata, yang masih sangat jauh dari target. Untuk itu, survei kembali objek wisata harus dilakukan. Pemeliharaan objek wisata juga harus dilakukan secara terpadu. Pansus II juga meminta seluruh objek wisata dievaluasi.

“Sementara untuk Disperindagsar, Pansus II mengimbau agar lebih serius dan giat dalam membina IKM. Sementara untuk Dinas Perkebunan, Pansus II minta agar Disbun berkoordinasi dengan para investor perkebunan untuk menekan terjadinya konflik. Begitu pun dengan Dinas Perikanan, yang dinilai Pansus II, belum optimal. Karena hakikatnya memiliki andil besar dalam menopang ekonomi masyarakat. Untuk itu, kita meminta bupati memberikan perhatian khusus untuk menangani bidang perikanan” jelasnya kembali.

Selanjutnya, Pansus III bidang keuangan dan kesehatan. Pansus III meminta agar sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang merata. Tantangan kedepan lebih berat, karena keterbatasan anggaran. Apalagi hasil rapat mitra, masih ditemukan kesenjangan sarana dan prasarana kesehatan, terutama di Puskesmas. Untuk itu melalui program Mura Sempurna Sehat, kiranya hal-hal yang menjadi kendala segera diantisipasi. Pansus III juga meminta, untuk segera percepatan pembangunan Rumah Sakit (RS) Muara Beliti beserta akreditasinya. Hal ini, untuk mengantisipasi membludaknya pasien di RS Dr Sobirin.

“Namun hal yang paling penting, bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan. Profesionalisme aparatur tenaga paramedis dalam memberikan pelayanan yang prima harus ditingkatkan,” lanjutnya.

Terakhir Pansus IV, bidang pembangunan. Untuk Bappeda, Pansus IV menyarankan agar senantiasa menggali potensi yang ada di Musi Rawas. Prioritaskan, pembangunan infrastruktur. Pansus IV juga meminta Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU BM), menambah dana perawatan jalan per zona sebesar Rp 10 miliar. Karena tahun 2018, masih kecil.

“Pansus IV juga meminta Dinas Pendidikan tingkatkan kualitas tenaga pengajar,” lanjutnya kembali.

Usai mendengarkan rekomendasi dari masing-masing Pansus DPRD, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dipersilakan untuk menyampaikan sambutan oleh pimpinan rapat. Dalam kesempatan itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang sudah memberikan apresiasi, kritik, saran serta masukan untuk pemerintah.

“Apa yang menjadi saran serta masukan, akan menjadi perhatian kami serta akan segera kami tindak lanjuti untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan,” ungkap Hendra Gunawan. (13)

Rekomendasi Berita