oleh

Pansus Cari Alasan Kuat Mengenai Pembubaran Dua Prusda

Richardo : Kalau Masih Bisa Diselamatkan, Kenapa Dibubarkan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang membahas Raperda tentang pembubaran dua Perusahaan Daerah (Prusda) mengaku tidak ingin terburu-buru memutuskan, apakah dua Prusda yang diusulkan untuk dibubarkan yakni PD Mura Energi dan Mura Makmur memang harus dibubarkan.

Mereka ingin mendapatkan alasan yang kuat, mengapa kedua Prusda yang didirikan berdasarkan Perda Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pembentukan Prusda Mura Makmur dan Perda Nomor 18 Tahun 2006 tentang Pembentukan Prusda Mura Energi ini, harus dibubarkan. Hal ini ditegaskan Ketua Pansus, Richardo saat dibincangi, Kamis (23/8).

Untuk itu Politisi PDIP ini mengatakan, pihaknya masih dalam tahap mendalami apa yang menyebabkan kedua Prusda ini mengalami kerugian serta tidak beroperasi sesuai harapan. Pihaknya masih meyakini, tujuan didirikannya Prusda ini sudah sangat baik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mura.

“Intinya kita tidak mau terburu-buru memutuskan. Kita ingin mendalami lagi, apa yang menjadi kendala serta masalah sehingga tujuan dan harapan didirikannya dua Prusda ini tidak tercapai,” kata Richardo.

Kedepan Pansus masih akan memanggil pihak manajemen dari kedua Prusda tersebut, untuk menggali apa yang terjadi selama mereka beroperasi, sehingga harus mengalami kerugian.

“Ketika memang bisa diselamatkan kenapa tidak kita batalkan usulan pembubaran ini. Namun ketika setelah didalami ternyata memang tidak bisa lagi diselamatkan, ya usulan eksekutif kita sepakati,” tegasnya.

Pihaknya menargetkan, secepatnya Pansus bisa mengeluarkan rekomendasi atas usulan eksekutif tersebut.

Sebelumnya Bupati Mura, H Hendra Gunawan menyampaikan beberapa alasan eksekutif mengajukan pencabutan kedua Perda tersebut ke DPRD Mura. Salah satunya berdasarkan hasil kajian analisis penilaian tingkat kesehatan dan evaluasi kinerja keuangan, serta mempertimbangkan semua aspek, disimpulkan Prusda Mura Enegri dan Mura Makmur perlu dibubarkan. Pembubaran ini dipandang perlu untuk menjamin kepastian hukum atas keberadaan status kedua Prusda tersebut.

Hasil penilaian tingkat kesehatan kinerja keuangan, menunjukkan predikat kedua Prusda ‘tidak sehat’. Laporan keuangan periode 2007- 2011, periode 2012-2017, kedua Prusda ini tidak beroperasi lagi dan mengalami kerugian.

“Untuk itu kita simpulkan, Prusda Mura makmur dan Mura Energi harus dibubarkan. Tentunya, dengan mengusulkan pencabutan dua Perda yang mengatur tentang pembentukan Prusda tersebut,” jelas Hendra Gunawan. (13)

Rekomendasi Berita