oleh

Pamerkan Kopi Robusta di Apkasi Otonomi Expo

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten empat Lawang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tak mau ketinggalan, di pameran Apkasi Otonomi Expo 2018. Event tersebut dimanfaatkan Disperindag, untuk menampilkan kopi Robusta Empat Lawang yang menjadi kebanggaan masyarakat Empat Lawang.

Kepala Disperindag Kabupaten Empat Lawang, Rudianto mengatakan pameran Apkasi Otonomi Expo 2018 dilaksanakan sejak Jumat (6/7) hingga Minggu (8/7). Acara yang dibuka langsung presiden RI, Joko Widodo tersebut, diikuti 416 Kabupaten dan 34 provinsi termasuk Provinsi Sumsel dan Kabupaten Empat Lawang.

“Kita tampilkan kopi Robusta, karena kopi Robusta menjadi kopi terbaik Indonesia, yakni 16 kopi di Indonesia indikasi geografis dan sudah terdaftar di Ditjen kekayaan intelektual Kemenhumham RI Tahun 2017,” kata Rudianto.

Dari hasil pameran tersebut dijelaskannya, kopi Robusta milik Kabupaten Empat Lawang sangat diminati para pengunjung, karena memiliki cita rasa yang tinggi. Apalagi kopi Robusta hasil petik merahnya, sungguh luar biasa rasanya saat dinikmati pengunjung.

“Stan kita yang dilihat langsung Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah ramai dikunjungi, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bahkan para peserta pameran banyak yang berkunjung, karena penasaran nikmatnya Robusta dari Empat Lawang. Tidak sedikit pihak swasta yang ingin mengetahui cita rasa kopi kita,” ungkapnya.

Rudianto menghimbau, agar para petani mengelola pasca panen kopi dengan petik merah yang baik sehingga harga jual kopi tinggi. Dampaknya, tentu meningkatkan penghasilan petani kopi itu sendiri. karena sudah terbukti peminat kopi Robusta dengan mengandalkan petik merah sudah banyak yang suka.

“Dengan terlibatnya di pameran ini, kita berharap ikon Robusta kita dapat lebih di kebal dan diminati banyak orang sehingga ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’ dengan ikon kopi menjadi perhatian banyak orang,” harapnya. (10)

Rekomendasi Berita