oleh

Pakai Protokol Covid19, Masjid Agung As-Salam Bisa Tampung 1.200 Jamaah

LINGGAUPOS.CO.ID- Penerapan new normal per 1 Juni akan mulai dilaksanakan secara bertahap oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Hari ini (Jumat, 26/5/2020), enam masjid di Lubuklinggau dijadikan model penerapan New Normal, salah satunya Masjid As-Salam Kota Lubuklinggau.

Ketua Pengurus Masjid As-Salam Ibnu Amin melalui Ketua I, H Lutfi Ishak menjelaskan setelah pelaksanaan rapat bersama stake holder, hari ini sudah bisa dilaksanakan Salat Jumat di Masjid As-Salam, namun tetap dengan mengedepankan protokol Covid19.

“Yang pasti setiap masjid harus menekankan protokol medis yang ada, prokol kesehatan yang telah ditetapkan artinya masing-masing masjid harus mempersiapkan segala sarana dan prasananya, sebelum melaksanakan kegiatan di masjid,” jelasnya.

H Lutfi Ishak yang juga Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penangulangan Bencana (DPKPB) Lubuklinggau, menjelaskan masjid yang kapasitasnya bisa menampung 3 ribu jemaah ini, dengan protokol kesehatan hanya bisa menampung 1.200 jamaah.

Selain itu, sebelumnya pihak Masjid As-Salam juga sudah mengeluarkan panduan new normal, yakni cuci tangan menggunakan sabun, wudhu dari rumah, gunakan masker, membawa sejadah dari rumah, menjaga jarak.

Kemudian, jika sedang sakit salat di rumah saja, hindari berjabat tangan, tidak berdesakan saat memasuki masjid. Lansia diatas 70 tahun salat di rumah saja, yang memiliki penyakit kronis atau bawaan salat di rumah saja, anak-anak dibawah 10 tahun salah di rumah saja, dan masuk masjid harus melalui bilik disinfektan.(*)

Rekomendasi Berita