oleh

Pahala Berlimpah di Malam Lailatul Qodar

Ust Aidil Fitri
“Karena barang siapa, umat Islam, yang mendapati malam lailatul qadar, akan mendapatkan pahala beribadah selama 1000 bulan……”

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Ustad Aidil Fitri mengingatkan umat muslim untuk semakin rajin dan semangat beribadah. Khususnya pada 10 terakhir Ramadan 1439 Hijriah. Karena di salah satu malam itu akan datang malam Laitul Qodar.

Maka, kata Ust Aidil Fitri, umat Muslim yang mendambakan pahala berlimpah pada bulan Ramadan, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar.

Ia menerangkan, malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat dimuliakan oleh Allh SWT bagi umatnya Nabi Muhammad SAW yang beriman dan bertaqwa.

Karena barang siapa, umat Islam, yang mendapati malam lailatul qadar, akan mendapatkan pahala beribadah selama 1000 bulan.

Lantas, kapan malam Lailatul Qadar itu?

Berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan oleh Bukhari, disebutkan Lailatul Qadar akan datang pada malam-malam Ramadan di sepuluh hari terakhir.

Di antara kemuliaan malam Lailatul Qadar ini adalah malam yang penuh keberkahan.

Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Alquran Surah Ad Dukhan ayat 3-4 yang artinya, ‘Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.”

Keutamaan lain pada malam Lailatul Qadar, kata Ust Aidil, yakni Malaikat Jibril turun ke mengatur segala urusan, maka sejahteralah bagi orang-orang yang mendapati malam itu.

Keutamaan lain, yang dalam Surat Al Qadar ayat 5 Allah SWT berfirman ‘Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbut fajar. Malam itu juga bisa diartikan banyak manusia yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Dalam Lalilatul Qadar juga dicatatlah takdir tahunan. Sebagaimana firman Allah SWT Al-Quran Surat As Dukhan ayat 4, “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” Dan yang paling penting, Allah mengampuni dosa orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Di malam 10 terakhir ini juga, lanjut Ust Aidil Fitri, kita dituntut untuk saling berbagi antara sesama. Nabi Muhammad SAW berkata bahwa orang yang peduli, saling memberi, dan menyayangi terhadap sesama dengan cara membayar zakat fitrah maupun zakat mal. (CW01/02)

Rekomendasi Berita