oleh

Pagi Ini, 143 Pasutri Isbat Nikah

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Pagi ini, 143 Pasangan Suami Istri (Pasutri) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengikuti sidang isbat nikah. Tepatnya di halaman Kantor Bupati Muratara.

Program isbat nikah ini merupakan kali kedua, yang biayanya ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara. Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baijuri menjelaskan, 143 pasangan tersebut berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Muratara.

“Sebenarnya masih banyak lagi tapi anggaran pemerintah terbatas,” ucapnya kemarin.

Dijelaskannya, Pasutri yang melaksanakan isbat nikah ini merupakan mereka yang kebanyakan menikah di bawah tahun 1974, sehingga tidak ada akta atau buku nikah. Selain daripada nikah siri.

Menurutnya, isbat nikah ini bertujuan untuk agar perkawinan tersebut dinyatakan sah dan memiliki kekuatan hukum dengan memberikan Kutipan Akta Nikah berdasarkan Keputusan Pengadilan Agama tersebut.

“Ada empat hakim dari Pengadilan Agama Kota Lubuklinggau yang akan memimpin sidang isbat nikah besok,” terangnya.

Dengan mengikuti isbat nikah maka Pasutri akan memiliki akta nikah tanda sah secara hukum.

“Dengan demikian mereka bisa melakukan umrah, atau melaksanakan ibadah haji, begitu juga apabila ingin meminjam bank atau kredit,”imbuhnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita