oleh

PAD Mineral Bukan Logam Belum 100 Persen

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Hingga saat ini pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Musi Rawas sudah tercapai, namun untuk PAD dari Mineral Bukan Logam belum tercapai 100 %.

“Untuk PAD yang lain semuanya sudah tercapai 100%, bahkan sudah ada yang melebihi target. Namun, untuk PAD mineral bukan Logam belum tercapai, hal ini dikarenakan belum optimalnya pendataan seluruh PAD mineral bukan logam,”kata Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), H Dian Chandera kepada Linggau Pos, Selasa (28/11).

Menurut Dian, saat ini seluruh tanggung jawab pertambangan semuanya sudah kembali ke Provinsi Sumatera Selatan. Sementara untuk izin usahanya kembali kepada BPMPTSP Musi Rawas.

“Kalau sekarang untuk PAD yang baru belum ada, karena kalaupun ada PAD yang baru harus diatur dalam Perundang-undangan,” ungkapnya.

Kedepan, lanjut Dian, pihaknya akan lebih optimal dalam hal penagihan, walaupun masih sistem manual.

“Secara teknis untuk bidang penetapan dan penagihan SDM kita masih kurang, sebenarnya pegawainya banyak. Namun banyak yang belum menguasai. Sehingga tahun 2018 mendatang, kita akan menyiapkan anggaran untuk pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), supaya dua bidang dapat diperkuat ilmunya. Nanti, kita akan bekerja sama langsung dengan Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Untuk pemilihan SDM yang mengikuti pelatihan sendiri, menurut Dian bisa siapa saja baik itu ASN maupun Honorer, asalkan memiliki kemampuan dibidang tersebut.

“Dengan adanya pelatihan ini nantinya, saya berharap proses penetapan dan penagihan PAD dapat dilakukan secara optimal,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita