oleh

Osaka Tantang Kvitova di Final

Nadal Pupus Impian Tsitsipas

MELBOURNE – Kemampuan petenis asal Jepang, Naomi Osaka belum terbendung hingga babak final Australian Open 2019. Terbukti unggulan keempat itu berhasil meraih tiket partai puncak tersebut usai mengalahkan Karolina Pliskova.

Pada pertandingan babak semifinal yang digelar di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Australia, Kamis (24/1) kemarin, Osaka yang kini menginjak usia 21 tahun itu berhasil mengalahkan petenis asal Rebublik Ceko tersebut dengan skor 6-2, 4-6 dan 6-4.

Meskipun sempat menang mudah di set pertama, namun Osaka yang sukses menjadi juara Amerika Serikat (AS) Open 2018 lalu, harus kehilangan set kedua. Oleh sebab itu, kemenangan ditentukan di set ketiga.
Di set penentuan, kedua peteni saling kejar mengejar poin. Bahkan, guna mendapatkan poin kemenangan, Osaka yang menjadi unggulan keempat dalam turnamen ini, sempat beradu mulut terlebih dahulu dengan wasit yang menyatakan bola pukulan Osaka keluar lapangan.

“Saya mengharapkan, pertempuran yang sangat sulit,” ungkap Osaka tentang upaya Pliskova untuk kembali dari set dan breakdown seperti dikutip news.com.au, Kamis (24/1) kemarin.

“Saya hanya mengatakan pada diri sendiri untuk bisa kembali pada set ketiga dan berusaha sekuat tenaga, saya tidak peduli apa pun, dan saya berhasil menang,” sambung Osaka.

Bagi Osaka yang pada babak perempatfinal mengalahkan Serena Williams, capaian keputaran final Australian Open 2019 merupakan yang pertama kalinya di kejuaraan Grand Slam dalam lima tahun terakhir.

Selanjutnya di babak final, Osaka akan kembali menghadapi petenis asal Ceko. Ya, di partai puncak Osaka akan berhadapan dengan juara Wimbledon Petra Kvitova, Sabtu (26/1) besok.

“Pengalaman pertandingan seperti ini (di Semifinal) sangat membantu,” tutur Osaka yang merupakan petenis wanita terbaik di Asia tersebut.

Bila berhasil meraih kemenangan di laga final nanti, itu akan menjadi grand slam kedua Osaka setelah gelar perdananya di AS Open 2018. Petenis berusia 21 tahun ini juga menjadi wanita Jepang pertama yang lolos ke final Australian Open.

Selain itu, pertemuan antara Osaka dan Kvitova akan menjadi sejarah baru bagi tenis dunia. Pasalnya, kedua petenis baru pertama kali akan menjalani duel. Dan keduanya juga belum pernah menjauari Australian Open.

Sementara itu, Kvitova sendiri berhasil melangkah ke babak final usai mengalahkan petenis alas Amerika Serikat, Danielle Collins dengan nilai akhir 7-6 (2) 6-0.

Pemain berusia 28 tahun, yang memenangkan gelar keduanya di Wimbledon pada tahun 2014 itu mengaku tidak percaya bahwa dirinya mampu melangkah ke babak final Australian Open 2019.

“Saya masih tidak benar-benar percaya bahwa saya di final. Saya tidak tahu apakah saya akan bermain tenis lagi. Itu bukan waktu yang tepat untuk berurusan dengan segalanya. Bukan hanya secara fisik, tetapi secara mental juga sangat sulit,

Setelah sempat absen di Asutralian Open 2017 karena cedera di tangan kirinya, Kvitova meraih hasil manis sebelum mengikuti Australian Open musim ini. Ya, ia tercata berhasil memenangkan 11 pertandingan secara beruntun dalam pemanasannya menjelang Asutralian Open 2019.

Di bagian putra, petenis Spanyol Rafael Nadal memupus harapan wonderkid Stefanos Tsitsipas di semifinal tunggal putra Australia Terbuka dengan 6-2, 6-4, dan 6-0. Hasil ini menjadi babak final kelima bagi Nadal di Australia terbuka.

Nadal yang menjadi juara pada 2009 akan menghadapi unggulan teratas Novak Djokovic atau unggulan ke-28 asal Prancis Lucas Pouille di final.

“Ini adalah pertandingan yang hebat, turnamen yang hebat, saya pikir saya telah bermain sangat baik setiap hari,” kata petenis berusia 32 tahun usai pertandingan. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita