oleh

Ormas-LSM Harus Terdaftar di Kesbangpol

LINGGAU POS ONLINE  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) meminta seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang melakukan aktivitasnya di wilayah Mura, untuk melaporkan keberadaannya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Amra Muslimin mengatakan pendaftaran dan teregister di Kesbangpol, merupakan hal yang wajib dilakukan Ormas dan LSM. Termasuk untuk LSM dan Ormas, yang masuk dalam skala nasional.

“Pendaftaran ini adalah upaya penertiban, dan antisipasi organisasi yang tidak jelas keberadaannya,” kata Amra Muslimin di ruang kerjanya, Jumat (28/6).

Selain pendaftaran, LSM dan Ormas juga harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, tidak boleh melakukan kegiatan yang melawan hukum, atau yang bertentangan dengan dasar negara, Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP) hingga Peraturan Daerah (Perda).

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan, Ormas atau LSM bisa mengambil formulir pendaftaran di Kantor Kesbangpol Mura, yang berada di Komplek Agropolitan Center, Kecamatan Muara Beliti.

Adapun syarat yang dibutuhkan berupa surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Kesbangpol, akta pendirian dari notaris yang memuat AD/ART, program kerja. Kemudian, SK susunan pengurus, fotokopi NPWP, fotokopi KTP struktur pengurus terutama, Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Surat keterangan domisili, foto dokumentasi (bangunan sekretariat/papan sekretariat), terakhir surat pernyataan kesanggupan melaporkan kegiatan organisasi.

Bahkan LSM dan Ormas yang sudah terdaftar juga harus melakukan daftar ulang. Kemudian, bila pindah domisili harus melapor lokasi kantor baru, hal itu dilakukan untuk tertib administrasi. (aku)

Rekomendasi Berita