oleh

Operasi Zebra Dimulai, Pengendara Diminta Taat Peraturan

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Operasi cipta kondisi bersandi ‘Zebra’ dimulai, Rabu (1/11). Untuk di Kabupaten Lahat, pembukaan operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Lahat, yang diinspekturi Kapolres AKBP. Roby Karya Adi, SIK.

Mengingat diutamakannya penegakan hukum dalam operasi yang berlangsung selama 14 hari ini, sejumlah imbauan ditekankan kepada masyarakat, terutama para pengendara.

“Operasi bersandi Zebra ini digelar dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi Kamseltibcar (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran, red) Lalulintas,” terang Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK melalui Kasat Lantas Polres Lahat, AKP Dani Prasetya, SIK.

Pria yang menjabat Kasat Lantas Polres Lahat sejak 2016 ini mengimbau agar para pengendara hendaknya senantiasa mematuhi aturan lalu lintas dalam berkendara agar tidak terjaring operasi. Diantaranya, membawa kelengkapan surat menyurat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Selain itu, gunakan helm pengaman berstandar SNI bagi pengendara sepeda motor, gunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil, nyalakan lampu saat berkendara dan melengkapi komponen kendaraannya, seperti kaca spion dan plat nomor polisi,” terangnya.

Sementara itu, demi keselamatan, ketertiban dan kelancaran, pengendara diminta untuk mentaati rambu-rambu lalu lintas, tidak berhenti sembarangan atau sesukanya tanpa memperhatikan pengendara lain, tidak ugal-ugalan dalam berkendara, menjaga jarak kendaraannya dengan kendaraan lain, dan mendahulukan pejalan kaki ataupun orang Lanjut Usia (Lansia).

“Kami minta kerjasamanya kepada masyarakat agar himbauan tersebut dapat ditaati selama berkendara,” pinta Dani, seraya menyuarakan jargon ‘Setop Pelanggaran, Setop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan’. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita