oleh

Olah Limbah Kelapa Jadi Kerajinan Tangan

UKM Ciptakan Peluang Kerja Baru

Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pengelolaan Kelapa Secara Terpadu, Senin (17/12). Kegiatan ini mendapat dukungan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad. Menurut mantan anggota DPRD Provinsi Sumsel ini, kelapa di Empat Lawang sangat banyak dan bisa dimanfaatkan secara umum.

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

“PEMKAB Empat Lawang mendukung penuh kegiatan positif ini, semoga ke depannya terbentuk kelompok UMKM yang benar-benar maju serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” harap Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, Senin (17/12).

Joncik yakin, Diklat ini bisa menanamkan jiwa untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa menampung dan mempeekerjakan orang banyak serta mengubah pola pikir, untuk terus maju.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Empat Lawang, Kuswinarto menuturkan, selama ini limbah kelapa tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan berbagai terobosan baru limbah kelapa ini bisa diolah menjadi berbagai jenis barang yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual tinggi.

“Dalam pelatihan ini kami mengundang narasumber profesional di bidangnya dan bisa memasarkan olahan produk kelapa ini,” jelasnya.

Menurut Kuswinarto, kegiatan ini dilaksanakan, dalam rangka menyukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, menuju Empat Lawang Madani.

“Peserta Bimtek terdiri dari 100 orang, dari, Pendopo, Pendopo Barat, Sikap Dalam, Muara Pinang, Lintang Kanan dan Ulu Musi,” tuturnya. (*)

Rekomendasi Berita