oleh

Oknum Warga Buang Sampah ke Drainase

Sampah Meluap Dari Drainase

Kesadaran membuang sampah pada tempatnya dinilai masih belum diterapkan semua kalangan masyarakat. Betapa tidak, saat hujan deras masih banyak ditemukan sampah-sampah yang menumpuk. Berada dalam saluran air baik di dalam siring, drainase maupun sungai di kawasan Kota Curup.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Bahkan ada oknum warga memanfaatkan hujan deras. Dengan aliran air di dalam drainase cukup kencang. Mereka membuang sampah. Akibatnya, sampah dibungkus plastik hingga karung jika lewat batas akan menjadi sumbatan. Hingga menyebabkan sampah meluap ke jalan.

Pantauan, luapan sampah ke jalan kerap terlihat di kawasan simpang Air Bang Curup Tengah, kawasan Talang Rimbo dan beberapa titik lainnya.

“Kalau hujan airnya deras dan banyak sampah terlihat di siring bahkan ada yang meluap,” tutur Rahma warga Curup.

Menurut Rahma, meskipun sampah-sampah yang dibuang hanya sedikit, namun jika titik aliran siring atau drainase bertemu sampah-sampah dari beberapa aliran akan menumpuk.

“Kalau satu plastik kali banyak yang buang tentu akan menyumbat saluran air,” kata Rahma.

Apalagi, katanya, sampah-sampah tersebut susah diurai.

“Kalau plastik, karung yang dibuang susah hancur, ada juga yang buang popok bayi,” imbuh Rahma.

Senada disampaikan Nur Muhammad (42). Warga Air Bang Curup Tengah mengaku, sering melihat luapan sampah ke jalan saat hujan reda.

“Kalau sudah reda baru kelihatan sampahnya menumpuk di persimpangan drainase, bahkan ada yang sampahnya sampai meluap ke jalan. Kasihan warga yang sekitar lokasi harus membersihkan,” ungkap Nur Muhammad berharap kesadaran masyarakat tidak membuang sampah ke drainase terus dijaga. Sehingga aliran air dalam drainase lancar dan tidak tersumbat.(*)

Rekomendasi Berita