oleh

Oknum Setop Aktivitas Perusahaan

Desak Tuntutan Mereka Segera Direalisasi

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG SAKTI – Sesuai komitmen, warga Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti datangi lokasi PT Lonsum yang ada di wilayah mereka. Aksi ini mereka lakukan, untuk menghentikan operasional yang ada di perusahaan tersebut.

Sunardi, perwakilan warga Desa Muara Megang mengatakan, aksi ini terpaksa mereka lakukan sebagai reaksi kekecewaan mereka. Lebih kurang 200 warga ikut dalam aksi ini. Tiba di lokasi pukul 08.30 WIB.

“Reaksi ini bentuk kekecewaan kami terhadap pemerintah, yang tidak melaksanakan rekomendasi dari Komisi I. Terkesan, ada pembiaran. Lalu juga bentuk kekecewaan kami dengan pihak perusahaan yang kami nilai, tidak ada itikad baik hingga saat ini. Buktinya, sampai saat ini pihak perusahaan tidak menjalankan komitmen mereka saat rapat di Komisi IV DPR RI,” ungkap Sunardi, Kamis (17/1).

Sesuai kesepakatan, tiba di lokasi warga pun mendesak agar perusahaan segera menghentikan segala aktivitas. Bahkan mobil yang mengangkut hasil sawit mereka tahan untuk tidak membawa hasil panen tersebut.

“Tiba di lokasi, ternyata seluruh karyawan diminta untuk panen. Padahal pemberitahuan kita untuk melakukan aksi dan meminta mereka menghentikan aktivitas, sudah seminggu yang lalu. Di awal kedatangan kami perusahaan tetap kekeh tidak ingin menghentikan operasional. Sementara warga terus mendesak untuk menyetop operasional. Bahkan tidak ingin pulang, sebelum ada komitmen dari perusahaan dan bersedia menghentikan operasional, sebelum ada penyelesaian,” ungkapnya kembali.

Hingga pukul 16.00 WIB, warga tetap di lokasi dan operasional perusahaan disetop.

“Ikut Hadir Kapolsek dan staf perwakilan Camat. Saat ini (sore kemarin, red), Kapolsek sedang berkoordinasi dengan pihak perusahaan, untuk mencarikan win-win solution. Kita berharap, kali ini pihak perusahaan bisa lebih komitmen, agar tidak ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi,” lanjutnya.

Saat ini ditambahkan, warga menetap di tenda yang didirikan oleh mereka sejak tahun 2016 lalu.

“Ya kita berharap, secepatnya rekomendasi Komisi I dan hasil pertemuan dengan Komisi IV DPRD segera dilaksanakan. Sehingga, tuntutan kami ini bisa direalisasikan. (09)

Ini Tanggapan Samsul Bahri : Wajar Warga Lakukan Aksi

Komentar

Rekomendasi Berita