oleh

Oknum Kades Durian Remuk Dituntut 7 Bulan Penjara

LINGGAU POS ONLINE – Oknum Kades Durian Remuk, Surya, Selasa (3/12/2019) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmawati, tujuh bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Lubuklinggau.

Menurut JPU Rahmawati, terdakwa menuntut Surya terbukti melanggar Undang-Undang Darurat RI No.12 Tahun 1951, yakni memiliki senjata api rakitan secara ilegal.

Sidang perkara ini, dipimpin majelis hakim Dian Triastuty didampingi Tatap Situngkir  dan Yuli. Usai mendengarkan tuntutan JPU, majelis hakim menunda sidang sepekan mendatang, dengan agenda vonis.

Sebelumnya dalam sidang perdana, saksi-saksi yang dihadirkan JPU, yakni dari Timsus Polres Lubuklinggau, di dalam persidangan saksi mengakui jika pihaknya melakukan penggrebekan terhadap pesta narkoba, lalu didapati terdakwa Surya kedapatan menyimpan senjata api ilegal laras pendek.

Sementara dalam dakwaan JPU membacakan dakwaan, Surya didakwa dalam pasal kepemilikan senpira dan terancam tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Darurat RI No.12 Tahun 1951.

Sedangkan mejelis Hakim Syarehza Papelma saat menanyakan terdakwa, apakah benar ia tertangkap karena kepemilikan senpira ilegal.

Dan dijawab terdakwa Surya benar. Diceritakan Oleh Surya bahwa pada hari penangkapannya tersebut, ia baru saja pulang menghadiri acara  kegiatan Dinas Pariwisata di Hotel Dafam Kota Lubuklinggau dan setelah selasai larut malam, terdakwa memutuskan untuk tinggal di rumah temannya.

“Mau pulang ke rumah sudah larut, dan saya memilih untuk numpang istirahat di rumah teman,” ungkap ia.

Lalu lanjutnya, setelah ia tidur ia mengaku ada penggrebekan dan diketahui penggrebekan tersebut merupakan penggrebekan pesta narkoba.

“Saya dibangunkan dan diperiksa di dalam tas saya memang ada senpi,” ungkapnya.

Kades beralasan di persidangan senpi tersebut merupakan bukan senjata miliknya, dan ia mengaku meminjam senjata tersebut dari temannya bernama Ari satu desa dengannya. Ia beralasan meminjam senpi tersebut untuk berjaga-jaga.

Lalu kemudian sidang kemudian ditutup dan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan.

Seperti diketahui pada pemberitaan sebelumnya Tim Khusus (Timsus) Polres Lubuklinggau menangkap oknum Kades Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas yakni Surya (29), pada Senin (26/8/2019) sekitar pukul 01.00 WIB, di Jalan Bukit Sulap Gang Harapan II Kelurahan Wirakarya Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau.(*)

Rekomendasi Berita