oleh

Oknum Caleg Diduga Kumpulkan PPS dan ASN

“…temuan ini sedang kita tindak lanjuti, dan kita belum bisa memastikan siapa-siapa saja yang ikut dalam pertemuan. Tapi, berdasarkan informasi dari Panwascam Sumber Harta, di situ ada beberapa anggota PPS, dan ada juga oknum ASN…”
Anggota Bawaslu Kabupaten Mura, Hermansyah

MUSI RAWAS – Sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas (Mura) diduga hadir dalam pertemuan dengan salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, Minggu (18/11). Selain itu, dalam pertemuan di salah satu rumah makan ternama di Kecamatan Tugumulyo, ini juga ada dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut dalam pertemuan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, pertemuan antara Caleg DPR RI tersebut sudah diagendakan sebelumnya. Peserta dalam pertemuan ini adalah beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda hingga sejumlah Ketua Rukun Tetangga (RT). Bahkan ada juga oknum anggota DPRD Kabupaten Mura, yang diduga memfasilitasi pertemuan.

Ketika acara dilaksanakan, Bawaslu Mura mendapatkan informasi kalau dalam pertemuan ada sejumlah anggota PPS di Kecamatan Sumber Harta. Pasca mendapatkan informasi ini anggota Bawaslu Kabupaten Mura, Hermansyah yang kebetulan sedang ada undangan hajatan langsung melakukan koordinasi dengan Panwascam Sumber Harta dan Tugumulyo. Tujuannya, untuk turun ke lokasi dan menindaklanjuti laporan yang diterima dari masyarakat.

Oknum ASN di Kecamatan Sumber Harta, inisial RZ berada di lokasi pertemuan antara Caleg dan beberapa oknum PPS. RZ berada tidak jauh dari pintu masuk RM di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Minggu (18/11).

Di pertemuan tersebut, ditemukan beberapa anggota PPS di Kecamatan Sumber Harta ikut dalam pertemuan. Termasuk ada dua oknum ASN yang berada di lokasi, namun keduanya tidak ikut pertemuan bersama Caleg tersebut namun hanya benar sedang berada di lokasi tempat berlangsungnya pertemuan.

“Temuan ini sedang kita tindak lanjuti, dan kita belum bisa memastikan siapa-siapa saja yang ikut dalam pertemuan. Tapi, berdasarkan informasi dari Panwascam Sumber Harta, disitu ada beberapa orang anggota PPS, dan ada juga oknum ASN. Tapi, oknum ASN ini tidak ikut dalam pertemuan, ia hanya ada di rumah makan tempat pertemuan,” kata Hermansyah, Senin (19/11).

Menurut Hermansyah, bila oknum ASN ini terindikasi terlibat dalam pertemuan. Artinya sudah tidak netral lagi, maka akan direkomendasikan ke Komisi ASN. Kemudian, untuk anggota PPS, kalau terbukti ikut dalam pertemuan, netralitas dan independensinya dipertanyakan. Maka, pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi ke KPU Kabupaten Mura mengenai hal itu.

“Tapi, untuk saat ini kami belum bisa memastikan siapa-siapa saja yang terlibat dalam pertemuan ini, apakah ada pelanggaran atau tidak. Prinsipnya, ketika ada pelanggaran akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Panwascam Sumber Harta, Tri yang kebetulan ikut datang ke lokasi pertemuan membenarkan ada beberapa anggota PPS di Kecamatan Sumber Harta di lokasi.

“Yang terlihat dari mata kita ada beberapa anggota PPS di Kecamatan Sumber Harta, tapi tidak seluruhnya. Semua wajah anggota PPS yang datang kita kenal, karena kami berada di wilayah kerja yang sama,” kata Tri.

Ditambahkan, anggota Panwascam Sumber Harta, Amirul BC di lokasi tersebut ada juga dua oknum ASN. Tapi, tidak ikut dalam pertemuan, tapi berada di lokasi pertemuan.

“Kita tidak tahu apakah ASN ini terlibat atau tidak dalam pertemuan, yang jelas mereka da di lokasi,” jelasnya.

Mengenai proses selanjutnya, Amirul mengungkapkan langsung ditangani Bawaslu Mura, sebab lokasi pertemuan ada di Kecamatan Tugumulyo, dan pihaknya dari Kecamatan Sumber Harta, diajak Bawaslu Mura untuk memastikan apakah pertemuan ini melibatkan anggota PPS atau tidak. Sebab, berdasarkan informasi anggota PPS yang dilibatkan dalam pertemuan hanya dari Kecamatan Sumber Harta.

“Kami diinstruksikan untuk melihat orang-orang yang terlibat dalam pertemuan. Di situ, kami melihat ada beberapa anggota PPS dari Kecamatan Sumber Harta,” ungkapnya.

Untuk diketahui, hari ini (21/11) Bawaslu Kabupaten Mura akan menindaklanjuti hasil temuan, dengan memanggil beberapa orang oknum yang terlibat dalam pertemuan, Mulai dari panitia pelaksana, hingga oknum anggota PPS. (aku)

News Feed