oleh

ODHA Jangan Dijauhi

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) jangan didiskriminasikan karena takut tertular. Sebab, tak mudah untuk menularkan virus dari penderita pada masyarakat lain.

Sekretaris II KPA Rejang Lebong, Nunung Tri Mulyanti, Jumat (24/11) menjelaskan tertularnya penderita HIV AIDS hanya bisa dilakukan terhadap empat media. Yakni dengan darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu.

“Hanya ada empat media inilah HIV/AIDS bisa menularkannya,” paparnya.

Oleh sebab itu, Ia berharap kalangan masyarakat tidak mendiskriminasikan ODHA di tengah-tengah masyarakat karena khawatir tertular.

Nunung juga memaparkan, untuk jenis-jenis penularan yang bisa dilakukan misal untuk penularan melalui darah bisa disebabkan karena transfusi darah atau ada bagian tubuh yang terluka kemudian terkena tetesan dari ODHA.

“Jangan khawatir jika berenang bersama, makan dan minum bersama, berjabat tangan karena tidak menularkan HIV/ AIDS,” katanya.

Lebih lanjut, Nunung menjelaskan, dengan adanya 8 tempat layanan pemeriksaan HIV/AIDS di Kabupaten Rejang Lebong masyarakat bisa sukarela memeriksakan diri ke tempat pelayanan tersebut.

Sebab, dengan melakukan pemeriksaan akan bisa diketahui lebih awal apakah kondisi tubuh terkena atau tidaknya.

“Untuk melakukan pemberantasan HIV/AIDS perlu peran semua elemen seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan gencar melakukan sosialisasi kepada para pelajar. kemudian para tokoh agama diharapkan untuk menyisipkan materi ceramahnya tentang bahaya dan pencegahan HIV/AIDS. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita