oleh

ODGJ-Penyandang Disabilitas di Empat Lawang Segera Miliki KTP-El

LINGGAU POS ONLINE- Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas di Kabupaten Empat Lawang segera memiliki KTP-El. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) segera mendata, dan ‘jemput bola’ untuk melakukan perekaman.

Bahkan saat ini, Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Petterson Okki bial melalui Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak), Harry Truman mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) Empat Lawang terkait data ODGJ dan penyandang disabilitas.

Program ‘jemput bola’ untuk ODGJ dan disabilitas ini diakui Harry, sudah mereka konsultasikan ke bupati.

“Tinggal menunggu persetujuan bupati. Ketika surat perintahnya sudah keluar, ‘jemput bola’ segera kita lakukan. Mereka yang belum ada Kartu Keluarga (KK) kita Buatkan, lalu kita lakukan perekaman KTP-El,” jelas Harry.

Harry menegaskan, kepemilikan KTP-El bagi ODGJ dan penyandang disabilitas sangat penting bagi mereka.

“Untuk kepentingan mereka sendiri, apa lagi penderita ODGJ kebanyakan keluarganya malu, dan berasal dari Keluarga kurang mampu. Sementara rumah sakit tidak mau menerima, kalau mereka tidak memiliki KTP-El dan Kartu Keluarga (KK),” tegasnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita