oleh

ODGJ di Muratara Terpaksa Dipasung

“…Kita koordinasikan, apakah akan dibawa ke Palembang atau Bengkulu agar Darmawan segera mendapat perawatan insentif, bukan dipasung…”

* Wabup Muratara, H Devi Suhartoni

LINGGAU POS ONLINE- Wakil Bupati (Wabup) Musi Rawas Utara (Muratara), H Devi Suhartoni menerima laporan dari warga Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung yang dipasung oleh keluarganya, karena mengalami gangguan kejiwaan. Usai menerima laporan, Devi segera mendatangi warga tersebut untuk mengetahui kebenarannya.

Ternyata benar, Darmawan (31) warga Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung dipasung oleh keluarganya karena mengalami gangguan kejiwaan.

“Saya datangi agar dapat memastikan laporan ini, sekaligus mencarikan solusi terbaik untuk Darmawan,” tegas Devi.

Usai melihat kondisi Darmawan dan mendengar cerita dari keluarganya, Devi menegaskan akan segera koordinasi dengan Dinas Sosial Muratara

“Nanti akan kita koordinasikan, apakah akan dibawa ke Palembang atau Bengkulu agar Darmawan segera mendapat perawatan insentif, bukan dipasung,” jelas Devi.

Devi bersama Dinsos Muratara sudah pernah menolong penderita ODGJ yang dipasung oleh keluarganya untuk dilakukan pengobatan di RSJ di Bengkulu. Hasilnya mereka pulang dalam keadaan sembuh.

“Kitapun mengharapkan hal yang sama kepada Darmawan,” harap Devi.

Sementara orang tua Darmawan, Suwadi menjelaskan pihaknya terpaksa memasung anaknya, karena khawatir membahayakan jiwanya dan orang lain.

“Diawal mengalami gangguan kejiwaan, kondisi Darmawan tidak begitu berbahaya. Namun akhir-akhir ini ia lebih suka marah, bahkan sampai membanting-banting barang di rumah. Makanya terpaksa kami pasungan,” jelas Suwadi.

Suwadi mengaku anaknya mulai mengalami gangguan kejiwaan sejak enam tahun lalu, namun pemasungan baru dilakukan awal tahun 2019.

“Darmawan juga selama ini rutin menerima perawatan, dari petugas Puskesmas Nibung,” tambahnya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita