oleh

Nyaris Ambruk, Balai Desa Butuh Perbaikan

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Miris melihat kondisi bangunan Balai Desa Mangun Sari Kecamatan Jarai belakangan. Pasalnya, bangunan seluas 9 x 14 meter ini nyaris ambruk. Tak hanya itu, pelbagai elemen dari bangunan ini pun tampak sudah rusak, seperti atap yang jebol serta dinding papan yang sudah rapuh.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perangkat Desa setempat pun akhirnya memilih mengungsi dan menjadikan rumah Kepala Desa (Kades) sebagai sentrum aktivitas sementara, termasuk untuk menyimpan pelbagai aset Desa.

“Ya, kondisinya sudah memprihatinkan sekali. Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita alihkan sementara pusat kegiatan Pemerintahan Desa di rumah saya,” terang Kades Mangun Sari, Bambang Herawan belum lama ini.

Diterangkannya, bangunan berusia 35 tahun ini mulai rusak parah setelah diguncang gempa bumi pada tahun lalu. Material bangunannya yang didominasi bahan kayu rupanya tak mampu bertahan kokoh dari guncangan gempa. Sehingga, menyebabkan banyak kerusakan pada bangunan.

“Apalagi, bangunan yang berdiri sejak 1982 ini sama sekali belum mengalami perbaikan,” bebernya.

Dia berharap, bangunan Balai Desa ini dapat segera diperbaiki. Pihaknya sendiri, kata Bambang, sudah mengajukan usulan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) agar bila perlu dibangun Balai Desa yang baru.

“Sedangkan Dana Desa tidak bisa dialokasikan untuk keperluan pembangunan Balai Desa,” imbuhnya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita