oleh

Nilai SBMPTN Jadi Acuan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 sudah berjalan.

Penyelenggaraan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang (UU) No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.
Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan tadi, Kepala SMA Yadika Lubuklinggau Ikhsan Amin, Sabtu (7/4) menerangkan, PMB PTN dilakukan melalui tiga jalur.

Pertama, jalur SNMPTN.

“SNMPTN itu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Ini sudah dilakukan sejak 21 Februari sampai 6 Maret 2018 lalu,” jelasnya.

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ketiga, kata Ikhsan Amin, ada juga jalur Seleksi Mandiri. Yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN.

Menurut informasinya, kata Ikhsan Amin, pelaksanaan SBMPTN 2018 berdasarkan ujian berbentuk UTBK akan ditingkatkan jumlah pesertanya. Model ujian UTBK ini menjadi embrio model penerimaan mahasiswa baru melalui Pusat Layanan Tes (Test Center).

Sedangkan untuk jalur Seleksi Mandiri, dilaksanakan sendiri oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN salah satunya dapat menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

Sementara untuk calon peserta dari kalangan keluarga tidak mampu dapat mendaftar Program Bidikmisi dan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman http:/bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

“Nah, 17 April 2018 nanti akan diumumkan kelulusan pendaftaran SNPTN. Sementara untuk mengikuti jalur SBMPTN juga sudah dibuka sejak 5 April 2018 dan berakhir pada 27 April 2018 untuk UTBC, sedangkan UTBK akan dibuka pada 18 – 27 April 2018,” jelasnya.

Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi SBMPTN pada 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB.

Pengumuman hasil bagi peserta jalur SNMPTN dan SBMPTN akan menjadi momen yang paling mendebarkan. Perasaan lolos atau tidak lolos mungkin akan menghantui peserta, tetapi jangan khawatir tentang hal ini karena beberapa kampus juga akan menggelar penerimaan mahasiswa lewat jalur mandiri.

Kabar terbarunya, kata Ikhsan Amin, sejumlah PTN mulai menerapkan aturan baru pada penerimaan mahasiswa jalur mandiri yaitu dengan memanfaatkan nilai SBMPTN. Dengan demikian calon mahasiswa yang melalui jalur mandiri tak perlu melakukan tes lagi.
Hal tersebut tertuang dalam Permenristekdikti No. 126 Tahun 2018. Dalam Pasal 12 ayat 2 disebutkan persyaratan penerimaan mahasiswa baru berbunyi “Seleksi Mandiri yang dilaksanakan PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.’’ Imbuhnya.(02)

Rekomendasi Berita