oleh

Nilai Ketetapan PBB P2 Tidak Sesuai

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU- Nilai ketetapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan-Perkotaan (P2) Kota Lubuklinggau, disinyalir banyak yang tidak sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau kembali akan memperbarui ketetapan PBB P2.

Kepala BKD Kota Lubuklinggau, Imam Senen kepada wartawan Linggau Pos, Senin (8/10) mengatakan untuk update (perbarui) ketetapan dibutuhkan kerjasama Ketua RT, Lurah, dan Camat wilayah masing-masing.

“Tidak sesuai di sini, misal dua tahun lalu PBB rumah di Jalan Lingkar Selatan dikenakan Rp 30 ribu per tahun. Seiring waktu di sekitarnya sudah ramai pemukiman tapi ketetapan Wajib Pajak (WP) awal masih Rp 30 ribu sedangkan tetangganya sudah Rp 300 ribu inikan tidak sesuai makanya akan kami update ulang,” jelas Imam Senen.

Ditambahkan Imam Senen, BKD Kota Lubuklinggau juga menerima bantahan atau sanggahan WP jika ketetapan dinilai terlalu besar. Selama 2018 ada belasan WP yang menyampaikan sanggahan ketetapan PBB P2, salah satunya SMP Xaverius Kota Lubuklinggau.

“Ketetapan yang kami keluarkan bisa disanggah jika WP keberatan, pasca disanggah akan kami evaluasi ulang layak tidaknya diturunkan,” ungkap Imam Senen.

Target PBB P2 Kota Lubuklinggau 2018 Rp 4.460.894.000, dengan wajib pajak belasan ribu baik orang pribadi maupun lembaga. BKD Kota Lubuklinggau saat ini melakukan penagihan jemput bola. (nia)

Rekomendasi Berita