oleh

Ngebor Sumur Milik Medco, 7 Penambang Liar Diamankan

LINGGAU POS ONLINE – Tujuh orang yang diduga melakukan pengeboran ilegal di sumur minyak milik PT Medco E&P Indonesia diamankan petugas gabungan TNI-Polri, Jumat (16/8/2019) sekitar pukul 13.00 WIB di Desa Sembatu Jaya Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas.

Tersangka yang diamankan Untung Priadi (23), Suhermanto (21), Samsudin (60), Feri Irawan (37) dan Ali Jaya (20). Kelimanya warga Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas.

Kemudian Sopian (56) warga Desa Sembatu Jaya Kecamatan BTS Ulu dan Irwan Yudhi Wibowo (45) warga Jl Sadar I No.12 RT.9 RW.4 Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Pelda Herman Batuud Koramil Muata Kelingi kepada Linggau Pos Online menceritakan aksi penambangan ilegal ini diketahui sekitar 3 bulan lalu. “Sudah pernah diingatkan oleh Babinsa Kopda Adim, karena aktivitas mereka membahayakan,” jelasnya.

Bukan sekali saja, bahkan Satgas Karhutla dan Mandala Agni juga pernah mengingatkan kepada para penambang. Namun tidak juga diindahkan.

“Tadi diamankan Tim Gabungan. Sekarang sudah di Polres Musi Rawas,” ia mengatakan.

Terpisah Kapolres Musi Rawas melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Setyo Pranoto menjelaskan para tersangka menyambungkan pipa di well sumur ke tempat penampungan yang sudah mereka buat berjarak sekitar 5 meter.

“Pencurian sudah berlangsung berkali-kali. Bahkan mereka sudah mendapatkan sekitar 6 ribu liter atau sekitar Rp94 juta,” tambah Kasat Reskrim.

Selain itu dari para tersangka juga diamankan mesin sedot merek Maestro Diesel Engine, 3 selang, truk Hino Dutro BG 8024 TC dengan tangki modifikasi.(*)
Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita