oleh

Nazaruddin Hasan Ambil Berkas Pendaftaran Calon Bupati Musi Rawas di PDIP

LINGGAU POS ONLINE- Nazarudin Hasan SH, Jaksa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan, Jumat (20/9/291/2019) mengambil berkas pendaftaran Calon Bupati di DPC PDIP Musi Rawas.

Pengambilan berkas pencalonan diwakilkan kepada kerabatnya, Musadik Nanguning, Thamrin Hasan dan Lukmanto.

Musadik usai mengambil berkas menyatakan, rencana pencalonan Nazaruddin Hasan ini tidak sekonyong-konyong muncul, namun melalui proses. “Awalnya karena adanya aspirasi masyarakat dan keluarga,” jelas Musadik.

Yakni menginginkan adanya putra daerah yang menjadi Bupati Musi Rawas. “Karena itulah kami melakukan pertemuan antara tokoh keluarga dan masyarakat,” kata Musadik.

Hingga akhirnya disepakati Nazaruddin Hasan yang merupakan adik mantan Kapolda Sumsel Iskandar Hasan, agar mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Musi Rawas.

Pertimbangan lain, dikatakan Musadik, selama ini belum pernah ada calon dari Jaksa. “Birokrat sudah pernah, juga politis dan swasta. Ini adalah jaksa, belum ada. Dan kami yakin dengan pengalamannya, apalagi saat ini beliau adalah Ketua Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Sumsel,” jelasnya.

Terpisah Thamrin Hasan menambahkan bahwa Nazaruddin sudah mumpuni, karena selain sebagai Jaksa, ia juga pengusaha. “Bukan hanya paham masalah penegakan hukum, dan urusan birokrasi. Namun juga paham masalah pembangunan, karena dia adalah pengusaha,” ia mengatakan.

Bukan itu saja, menurutnya Nazaruddin juga sangat peduli dengan tanah kelahirannya, yakni dengan membangun mushola, madrasah dan rumah tanfizd quran.

Sementara Lukmanto, menjelaskan Nazaruddin yang diketahui berasal dari Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK) juga memiliki darah Muara Lakitan dari ayahnya. “Kakek dari Bapaknya adalah orang Lakitan. Sehingga sudah mewaliki juga dari wilayah Musi,” ia menambahkan.

Terpisah Bakal Calon Bupati Musi Rawas (Mura), Nazarudin Hasan mengatakan berdasarkan pengamatam dirinya, banyak sumberdaya yang belum terkelola dengan maksimal oleh pemerintah saat ini.

Hal inilah yang mendasari dirinya akan maju di Pilkada Mura 2020, selain dukungam dari masyarakat, baik masyarakat seputra Tiang Pungpung Kepungut (TPK), maupun Muara Lakitan, karena memang ibunya merupakan orang asli TPK dan ayahnya warga Muara Lakitan.

“Bila dikelola dengan maksimal, kedepan Mura bisa maju pesat, karena banyak potensi yang belum tergali dengan maksimal, “ujar Nazarudin Hasan, Jumat (19/9/2019).

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Musi Rawas Azandri menjelaskan Nazaruddin adalah calon kesembilan yang mengambil berkas. “Juga baru ini ada Jaksa yang mengambil berkas,” ia mengatakan.

Selain itu, ia minta agar secepatnya melengkapi dan mengembalikan formulir ke panitia. “Pengembalian formulir ini, juga bukti keseriusan pencalonan,” ia mengatakan. (*)
Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita