oleh

NanSuko Unggul Sementara

Versi Desk Pilkada dan Real Count

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Berdasar hasil hitung cepat yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar menang. NanSuko meninggalkan pesaingnya dengan perolehan suara 61.576 suara. Diikuti Paslon nomor urut 3, H Rustam Effendi-Riezky Aprilia memperoleh 40.407 suara. Sementara Paslon Nomor Urut 1, H Toyeb Rakembang-Sofian mendapat 7,725 suara.

Untuk hasil pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Paslon nomor urut 4 H Dodi Reza-Giri Ramanda mendapat suara terbanyak dengan jumlah 38.753. Diiringi, Paslon nomor urut 3, H Ishak Mekki-Yudha Pratomo dengan perolehan suara 26.002. Selanjutnya, Paslon nomor urut 1, H Herman Deru-H Mawardi Yahya dengan perolehan 22.324 sura. Sementara, Paslon nomor urut 2 Aswari Rivai-Irwansyah mendapat suara 21.740.

Sementara itu, di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau ratusan anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) secara bergiliran telah datang sejak Rabu (27/6) sore. Tujuan kedatangan mereka untuk menyerahkan hasil rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara yang sudah dilakukan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan C1 yang sudah diserahkan anggota KPPS akan di-scan dan dikirimkan ke KPU RI, sehingga hasil penghitungan suara Pilkada Lubuklinggau bisa diketahui.

Namun, hasil dari scan C1 tersebut belum bisa dipublikasikan KPU Kota Lubuklinggau, karena masih ada beberapa tahapan yang hasil dilalui. Pleno rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPK yang akan dilakukan pada rentang waktu 28 Juni sampai 4 Juli, dilanjutkan dengan pleno tingkat KPU dengan rentang waktu 4 Juli sampai 6 Juli.

“Setelah rekapitulasi tingkat KPU, kita akan langsung mengumumkan hasil penghitungan suara Pilkada Lubuklinggau,” kata Efriadi Suihendri.

Menurut Eef sapaan akrab Efriadi Suhendri menanggapi tentang sudah beredarnya klaim dari pihak-pihak terkait, baik Paslon peserta Pilkada maupun lembaga survei. KPU Kota Lubuklinggau tidak mau menanggapi hal itu, karena hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU nanti bisa saja tidak sama persis dengan jumlah hitung cepat dari Paslon.

Lantas bagaimana hasil real count Paslon?

Berdasar data yang dihimpun Linggau Pos, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 2 H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar (NanSuko) unggul 19,28 persen dibanding Paslon nomor 3 H Rustam Effendi-Riezky Aprilia (RR). Dari hasil perhitungan real count NanSuko memperoleh 56,00 persen atau 62.410 suara, disusul RR 36,72 persen atau 40.925 suara, Paslon nomor 1 H Toyeb Rakembang-Sofyan dapat 7,28 persen atau 8.115 suara.

Total suara sah 111.450 data dari 379 TPS yang ada di Kota Lubuklinggau. Dari data tersebut diketahui partisipasi pemilih mencapai 73,69 persen. Data tersebut dihitung dari data C1 KWK-KPU yang diperoleh saksi NanSuko yang bertugas di TPS.

Nanan panggilan akrab H SN Prana Putra Sohe mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Lubuklinggau.

“Alhamdulillah syukur kita terus diberikan kekuatan oleh Allah SWT. Alhamdulillah berdasarkan real count NanSuko dengan perolehan 56 persen. Insya Allah atas izin Allah SWT NanSuko memimpin untuk periode kedua. Saya bersama bapak H Sulaiman Kohar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk menjalankan amanah lima tahun kedepan. Rasa Syukur kami ini merupakan rasa syukur kita semua,” ucapnya dalam konferensi pers di kediamannya Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (27/6).

Nanan menambahkan bahwa hasil perolehan suara secara resmi dikeluarkan oleh KPU.

“Nanti KPU mengumumkan secara resmi hasil perolehan suara dan menetapkan Paslon walikota dan wakil walikota terpilih periode 2018-2023,” tambahnya.

Sulaiman Kohar mengatakan kemenangan NanSuko merupakan keberhasilan masyarakat Kota Lubuklinggau. Mantan Sekda Kabupaten Musi Rawas mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Lubuklinggau partai pengusung, tim pemenangan dan relawan NanSuko.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat Kota Lubuklinggau kalau selama ini mungkin terjadi silang pendapat,” ucapnya.

Tangis haru menyelimuti suasana di Pendopoan Rumah Nanan para pendukungnya satu persatu mengucapkan selamat. Masyarakat terus berdatangan ke rumah Nanan untuk mengucapkan selamat. Saat konferensi pers NanSuko didampingi Ketua Tim Kampanye H Rodi Wijaya selaku Ketua DPD Partai Golkar Kota Lubuklinggau, Ketua DPD Partai Demokrat Hj Yetty Oktarina Prana, H Baidjuri Asir, Ketua DPC Partai Hanura Kota Lubuklinggau, Sutrisno Amin, Ketua DPC PBB, serta relawan.

Sementara untuk hasil real count Tim RR di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Lubuklinggau Utara II perolehan suara Paslon nomor urut 2 NanSuko juga unggul.

Ketua Posko Rustam-Riezky, Taufik Ramadhan membenarkan hal tersebut.

“Iya, NanSuko meraih 56,8 persen suara, sementara Rustam-Riezky meraih 34,7 persen suara, dan sisanya 8,5 persen suara diperoleh Paslon nomor urut 1 H Toyeb Rakembang dan Sofyan. Ini hasil real count berdasar rekapitulasi formulir C1 Plano. Tapi kami juga masih menunggu penyerahan C1 Asli,” tutur Taufik Ramadhan. (01/05/02)

Rekomendasi Berita