oleh

NanSuko Resmi Dilantik

Dihadiri 5.000 Tamu

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Pemantapan persiapan pelantikan tujuh bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota di Sumatera Selatan (Sumsel) yang dijadwalkan 18 September terus dilakukan. Kemarin (17/9), telah digelar geladi resik di gedung Palembang Sport and Convention Center (PSCC). Calon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau Terpilih H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar ikut serta dalam geladi resik tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Karo Protokol dan Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Iwan Gunawan mengatakan dari hasil rapat koordinasi sebelumnya, ada 5.000 tamu dan undangan yang hadir menyaksikan momen bersejarah ini.

Masing-masing, sekitar 700 undangan untuk perwakilan dari tujuh kabupaten/kota yang kepala dan wakil kepala daerahnya dilantik. Kemudian, 150 undangan VIP. Intinya, yang diundang mulai dari anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Sumsel hingga tokoh masyarakat.

Pada hari ini juga, digelar pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK tujuh daerah. Acaranya bertempat di Griya Agung, pukul 14.00 WIB.

Kata Iwan, semua undangan telah disebar sejak jauh hari. Jadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota untuk mengundang siapa saja yang akan diajak ke Palembang menyaksikan pelantikan. Yang pasti, sesuai dengan jumlah undangan.

“Bisa saja yang punya hubungan dekat dengan menteri akan mengundang menteri atau mantan menteri atau pejabat pusat lainnya,” tambah Iwan.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Andi Baso Rahman mengatakan, tidak ada penutupan jalan di kawasan PSCC di hari pelantikan tujuh kepala dan wakil kepala daerah itu.

“Kita lihat situasi nanti. Sejauh ini tidak ada rencana penutupan,” ungkapnya.

Tapi, misalkan nantinya terjadi kemacetan lalu lintas kendaraan, mungkin arus kendaraan di Jl POM IX atau Jl Angkatan 45 akan dialihkan untuk sementara waktu.

Misalnya ke Jl Demang Lebar Daun, Jl Dani Effendi (Jl Radial) atau Jl Kapten A Rivai.

“Itu nanti tergantung kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Yang pasti, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel untuk pengaturan kendaraan di kawasan itu.

Kabid Pengawasan Pengendalian, dan Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Martha Edison, mengaku pihaknya ikut melakukan rekayasa jalan di seputaran gedung PSCC.

Tentu demi mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan di jalan.

“Rekayasa bekerja sama dengan Satlantas dan pihak terkait. Besok siang (hari ini, red) kita uji cobakan pukul 14.00 WIB,” terangnya.

Martha menyebut tidak ada pengalihan kendaraan khusus pada titik-titik tertentu.

“Mungkin hanya ditekankan pada titik-titik parkir yang akan perbanyak. Mengingat saat pelantikan akan dihadiri sekitar 5 ribu undangan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armedi menjelaskan 700 orang yang menghadiri pelantikan NanSuko, terdiri dari Kepala OPD di lingkungan Pemkot, FKPD, anggota DPRD Kota Lubuklinggau, Parpol pendukung serta keluarga.

Setelah pelantikan, baik calon walikota terpilih maupun Ketua TP PKK tidak ada lagi agenda yang dijadwalkan Pemprov.

“Kemungkinan rombongan langsung pulang ke Lubuklinggau, karena direncanakan ada syukuran di kediaman H SN Prana Putra Sohe,” lanjutnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya menjelaskan sesuai jadwal rapat paripurna istimewa dengan agenda Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan pemaparan visi dan misi Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, dilaksanakan Kamis (20/9) pukul 10.00 WIB.

Untuk lokasi tetap di Gedung Kesenian Sebiduk Semare, karena tidak memungkinkan kalau dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau yang ada.

“Karena perkiraan yang hadir dalam rapat paripurna istimewa tersebut lebih kurang 1.000 tamu undangan, termasuk masyarakat yang ingin mendengarkan visi dan misi walikota,” jelasnya.

Malam harinya sesuai jadwal, akan dilanjutkan dengan malam ramah-tamah. (se/rfm)

Rekomendasi Berita