oleh

Naikkan Level Desa Jadi Lebih Maju

Dinas DPMD3A Empat Lawang Sosialisasikan P2KTD

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD3A) menyosialisasikan Penyediaan Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), Kamis (6/9). Output apa yang ingin dicapai dari kegiatan itu?

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

SOSIALISASI yang diadakan di aula Hotel Kito, Kecamatan Tebing Tinggi itu diikuti Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) serta Tim Program Inovasi Desa (TPID) se-Kabupaten Empat Lawang.

Kepala DPMD3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rahmat Basuki mengatakan sosialisasi itu diadakan untuk memperkenalkan keberadaan P2KTD kepada stakeholder terkait untuk Pelaksanaan Inovasi Desa (PID) dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Acara ini bertujuan memperkenalkan kepada stakeholder terkait P2KTD yang nantinya akan menjadi pendukung terlaksananya Program Inovasi Desa di Kabupaten Empat Lawang,” jelasnya.

Sekaligus lanjut Agus, sebagai penguatan SDM dalam memperkuat infrastruktur, ekonomi lokal, serta penyusunan profil desa.

“Sehingga bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) yang diperuntukkan menaikkan level desa yang tadinya berstatus tertinggal diharapkan dengan DD bisa menjadi desa yang maju,” jelasnya.

Sama hal dengan Plh Bupati Kabupaten Empat Lawang, H Edison Jaya melalui Asisten III, Qobal Anthoni menjelaskan, program inovasi desa mengamanatkan agar seluruh desa memiliki program kegiatan dan rencana kegiatan desa.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kegiatan program desa dinilai belum beragam. Oleh karena itu perlu diselenggarakan koordinasi inovasi desa dalam rangka meningkatkan inovasi dan kualitas penggunaan DD,” jelas Qobal.

Qobal berharap dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi bisa mengangkat inovasi yang ada di desa untuk mewujudkan pembangunan yang mandiri dan berkualitas.

“Kami berharap dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi bisa muncul inovasi-inovasi baru di setiap desa dalam rangka pemanfaatan dana desa dalam rangka memajukan desa,” harapnya.(*)

Rekomendasi Berita