oleh

Naiki Becak Bawa 15.873 Dukungan

Jalur Perseorangan

Toyeb Rakembang
” Majunya kita ini mewakili suara masyarakat yang selama ini terabaikan dan terpinggirkan oleh rezim kemapanan…..”

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – H Toyeb Rakembang menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Senin (27/11). Ia tak sendiri. Dengan iring-iringan becak, ia datang didampingi bakal calon wakilnya, Sofian.

Pasangan bakal calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau jalur perseorangan ini kompak menyebut dirinya TOS. Yang merupakan singkatan Toyeb Sofian.

Mereka bertolak dari Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, bada ashar. Lebih kurang satu jam kemudian ia tiba di KPU Lubuklinggau, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat II dengan membawa 27 boks.

Dari pantauan Linggau Pos, boks-boks tersebut diketahui berisikan syarat maju lewat jalur perseorangan, yakni sebanyak 15.873 dukungan masyarakat. Berasal dari 8 kecamatan yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau.

Menurut H Toyeb Rakembang, ikutnya tukang becak, pengojek dan sopir Angkutan Umum (Angkot), menunjukkan kalau majunya dirinya bersama Sofian sebagai bakal calon Walikota-Wakil Walikota periode 2017-2023 mewakil masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Majunya kita ini mewakili suara masyarakat yang selama ini terabaikan dan terpinggirkan oleh rezim kemapanan,” kata Toyeb.

Jadi, lanjutnya, bila TOS terpilih menjadi pemenang Pilkada akan berpihak dan memperjuangkan kepentingan masyarakat ekonomi lemah. Bahkan, Toyeb menilai jalur Partai Politik (Parpol) tidak rasional lagi, beda dengan jalur perseorangan.

“Kalau jalur perseorangan tidak ada biaya. Dan hari ini tidak cocok kalau kita menggunakan partai dengan harga yang fantastis, dan tidak sesuai lagi dengan akal logika sehat, tidak cukup Rp 10 miliar per partai. Tidak sesuai dengan gaji lagi, makanya kerap terjadi penyimpangan-penyimpangan,” jelasnya.

Sementara itu, syarat yang dikumpulkan H Toyeb Rakembang-Sofian ada 25 dukungan yang tidak memenuhi syarat. Jadi, jumlah dukungan yang memenuhi syarat yakni sebanyak 15.848 dan jumlah itu telah melampaui syarat minimal yang sudah ditetapkan KPU Kota Lubuklinggau, yakni harus mempunyai dukungan sebanyak 15.470.

“Kami berikan waktu dua hari untuk perbaikan syarat. Sebab, walaupun syarat yang sudah dikumpulkan sudah melampaui syarat minimum, tapi harus diperbaiki karena ada selisih di Silon (Sistem Informasi Pencalonan, red),” kata Ketua Pokja Pendaftaran Paslon Perseorangan KPU Lubuklinggau, Efrizal. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita