oleh

Musyawarah Jaring Usulan dari Masyarakat

PROGRAM pembangunan di Desa Muara Rengas, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas akan mulai dilaksanakan. Dan tentunya sesuai dengan aspirasi masyarakat. Pasalnya pemerintah desa sudah menjaring harapan dari warga berkaitan dengan pembangunan di Desa Muara Rengas.

Salah satu cara mendapatkan masukan maupun saran serta kritik dengan mengadakan musyawarah dusun (Musdus). Dilanjutkan dengan Musyawarah Desa (Musdes). Saat pertemuan itulah, Kades Muara Rengas, Yudi Suarsa bersama perangkat menerima berbagai saran dan masukan dari masyarakat. Langsung disampaikan dan dicatat notulen untuk selanjutnya menjadi usulan ke tingkat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2018 tingkat Kecamatan Muara Lakitan.

Kades Yudi Suarsa kepada Linggau Pos, Sabtu (20/1) mengatakan bahwa usulan masyarakat itu menjadi perhatian pihaknya, karena dari pengajuan saran kebanyakan berkaitan dengan peningkatan infrastruktur di wilayah desa. Di mana peningkatan jalan menjadi hal penting untuk memudahkan warga keluar masuk desa, dan meningkatkan taraf perekonomian.

“Masukan saran dan usulan masyarakat itu saya terima. Nanti usulan tadi disampaikan kembali saat berlangsungnya Musrenbang tingkat Kecamatan Muara Lakitan. Kebanyakan warga menyampaikan agar lebih diintensifkan untuk membangun infrastruktur yang belum dikerjakan, dan meminta agar dapat dilaksanakan nantinya,” kata Yudi Suarsa mengimbuhkan, pengajuan usulan itu menjadi program prioritas pemerintah desa Muara Rengas.

Ia menegaskan dana yang dianggarkan dalam APBDes dimaksudkan skala prioritasnya untuk pembangunan infrastruktur, meski sampai saat ini jumlah anggarannya belum dapat dipastikan kisarannya. Pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) mengenai anggaran tersebut.

Sekedar diketahui, tahun 2017 lalu anggaran APBDes digunakan untuk membangun infrastruktur Desa Muara Rengas senilai Rp 1,4 miliar. Penggunaan anggaran ini, sambung Yudi Suarsa, dipakai untuk peningkatan infrastruktur di desa tersebut. Sehingga banyak manfaat dirasakan warga Desa Muara Rengas. (01)

Komentar

Rekomendasi Berita