oleh

Musim Tanam, Serangan Hama Ditakuti Petani

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Musim tanam segera berlangsung untuk tahun 2018, hal ini dibuktikan dengan dimulainya penggarapan tanah sawah.

Seperti yang dikatakan salah seorang oleh warga Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Jumat (20/1) bahwa saat ini pihaknya sudah bersama-sama dengan kelompok yang lain, menggarap sawah untuk ditanam padi.

“Iya sudah mulai digarap tanah sawahnya, kita sudah menanam bibit padi, dan sekarang sudah tumbuh,” ungkap Tukijo.

Menurut Tukijo, kalau musim panen beberapa bulan lalu, hasilnya cukup lumayan. Karena pada saat itu cuaca cukup bagus, sehingga padi tidak diserang oleh hama.

“Yang penting usaha dulu mbak, kalaupun di tengah jalannya nanti ada kendala, pasti akan kita sikapi. Karena saya sudah berpuluh-puluh tahun menjadi petani, jadi gagal panen itu sudah biasa,” akunya.

Hanya saja, Tukijo berharap pada musim tanam pertama tahun 2018 ini bisa mendapatkan hasil panen yang banyak. Karena, nanti dapat digunakan untuk kebutuhan keluarga.

“Hasilnya bisa untuk kebutuhan keluarga, karena sekarangkan biaya hidupnya besar. Jadi harus pintar-pintar dalam memanfaatkan peluang pekerjaan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Karyono, menurutnya hal yang paling menegangkan ketika sudah mulai musim tanam adalah adanya hama.

“Banyak sekali jenis hama ini, jadi kalau tidak rajin menabur pestisida atau menanam tumbuhan yang berbunga. Maka sangat mudah sekali hama datang,” akunya.

Maka dari itu, Karyono berharap ketika mulai bibit padi ditanam nanti, tidak ada lagi kendala apapun. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita