oleh

Musim Kemarau Batu Bata Laris

LINGGAU POS ONLINE – Musim kemarau yang sedang berlangsung saat ini, dimanfaatkan oleh sejumlah masyarakat untuk mengejar rezeki. Seperti halnya perajin batu bata yang terdapat di kawasan Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Senin (5/8).

Sejak beberapa hari terakhir para perajin batu bata sudah dapat memproduksi secara normal dengan volume cukup tinggi. Hal itu dipicu oleh semakin meningkatnya permintaan dari konsumen.

Kalau musim hujan batu bata sulit mengering, kualitasnya juga kurang bagus dan mudah pecah. Jika sudah mulai musim kemarau, usaha tersebut secara lancar.

Seperti halnya, Darwon (40) pengrajin batu bata di Desa E Wonokerto mengatakan cuaca saat ini sangat mendukung. Sehingga memudahkan para perajin menjemur batu bata.

Dalam sehari, pihaknya mampu mencetak sekitar 1.000 batu bata. Sehingga perajin mulai menggenjot jumlah produksinya setiap hari.

Namun, dirinya tidak langsung membakar batu bata yang sudah mengering. Sebab lebih dulu menunggu banyaknya produksi.

“Untuk proses pembakaran dengan kualitas bagus, membutuhkan waktu lebih kurang sekitar sehari semalam. Kalau kurang dari itu, dipastikan kualitas batu bata kurang matang,” kata Darwon.

Dirinya bersyukur bisa meningkatkan jumlah produksinya. Itupun diakui karena terbantu dengan perubahan musim hujan ke musim kemarau.

“Setelah melalukan pengeringan, ia membanderol batu bata setiap bijinya senilai Rp300 per batu bata diambil di tempat. Dan Rp500 diantar,” ucapnya.

Sunardi (36) warga setempat juga mengatakan hal sama dirasakan semasa musim hujan, setiap bulannya pendapatan hanya mencapai Rp2 juta dan di musim kemarau kali ini, meningkat menjadi dua kali lipat.

“Alhamdulillah karena musim kemarau pendapatan saya sampai saat ini bisa mencapai Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulan,” kata Sunardi.

Diakui, hingga saat ini peminat batu bata merah masih banyak. Itu terlihat ketika para tengkulak dari berbagai daerah berdatangan.

“Jika jumlah pesanan sangat banyak, setiap harinya, saya beraktifitas dibantu oleh istrinya dan anak-anak,” jelasnya. (dlt)

Rekomendasi Berita