oleh

Musi Rawas Butuh 8 Cold Chain Penampung Vaksin Corona

LINGGAUPOS.CO.ID – Saat ini 115 petugas vaksinator di Kabupaten Mura tengah mengikuti kgiatan pelatihan selama dua hari mulai 18-20 Jeanuari. Dari 19 Puskesmas yang ada di kabupaten Mura masing-masing mengirimkan lima orang. Dan ditambah lagi dari dua rumah sakit yakni RSUD Sobirin dan Muara Beliti yang total jumlahnya 20 petugas vaksinator.

“Jadi jumlah seluruh vaksinator yang dilatih selama dua hari itu sebanyak 115 orang. Pelatihan pakai zoom meeting dari kementerian langsung,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura, M Nizar, Selasa, (19/1/2021).

Ia menambahkan setelah pelatihan selesai dilaksanakan, baru pelaksanaan vaksinasi. Namun pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Berapa vaksin yang kita terima, kapan pelaksanaan vaksin didroping, itu belum kita terima dari provinsi,” bebernya.

Kemudian pihak Dinkes Kabupaten Mura mengaku sarana tempat penyimpanan vaksin yakni cold chain setiap Puskesmas dan rumah sakit sudah ada.

“Jadi untuk tahapan pertama, kalau vaksin kita terima sebanyak 5.500, kita punya sarana itu. Tapi kalau lebih, itu kita tidak punya sarana itu,” ungkapnya.

Nizar mengatakan, pihaknya memiliki cold chain besar yang kemampuannya bisa menyimpan 5.500 vaksin.

“Kalau seandainya didroping selebih itu, kita tidak punya. Rencana orang provinsi berjanji akan bantu kita satu. Mungkin kita akan mengalokasikan beli lagi dua atau satu lagi. Karena seluruhnya ini kita memerlukan vaksin itu sekitar 500 ribu lebih,” timpalnya.

Lebih lanjut, bantuan cold chain dari Provinsi tersebut untuk saat ini masih menunggu proses.

“Butuh delapan lagi kalau kapasitasnya seperti itu (500 ribu lebih vaksin). Tapi kan datangnya sesuai tahapan. Jadi setelah vaksin tiba, nginap lebih dulu beberapa hari dan baru didistribusikan ke Puskesmas,” pungkasnya.(*)

Rekomendasi Berita