oleh

Murid SDIT Anajiyah Belajar ke Linggau Pos

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Lebih dari 36 murid kelas V dan VI SDIT Annajiyah mengunjungi dapur Linggau Pos, Selasa (14/8). Kedatangan mereka ini untuk belajar jurnalistik bersama Redaktur Pelaksana Harian Pagi Linggau Pos, Sulis.

Kedatangan murid SDIT Annajiyah didampingi Kepala SD IT Annajiyah, Sepriyanto dan Wali Kelas V, Fitri dan Wali Kelas VI, Edi Wahyono.

Tiba di Graha Pena Linggau mereka disambut hangat oleh tim Linggau Pos, dan dipersilakan menuju meeting room Lantai 3 Graha Pena Linggau.

Para murid antusias belajar jurnalistik. Awalnya beberapa murid terlihat takut untuk mengajukan pertanyaan. Namun, setelah mereka diberi kesempatan untuk maju ke depan empat murid menunjukkan keberaniannya untuk mengulik lebih dalam tentang ilmu Jurnalistik. Terutama tentang kerja wartawan dan bagaimana proses koran bisa diproduksi.

Semua hal yang ditanya anak-anak dijawab dan dijelaskan secara lugas oleh narasumber, bahkan dalam menjawab narasumber selipkan guyonan atau lelucon kepada anak-anak, sehingga anak-anak dapat terhibur dan tidak bosan mendengarkan penyampaiannya.

Sulis berusaha menjelaskan, seluk beluk proses kerja jurnalistik yang dilakukan tim Linggau Pos. Mulai dari tugas wartawan, proses wartawan mempersiapkan peliputan, mengelola data menjadi berita, tugas copy editor, tugas layouter, tentang rapat proyeksi, dan tentang portal Linggau Pos online yang bisa diakses pembaca dimanapun berada, yakni www.linggaupos.co.id.

“Jadi sebelum tersaji bagi pembaca, berita di Koran Linggau Pos ini dipersiapkan pembuatannya. Jadi tidak sembarangan berita ada di koran. Nanti selain masuk di edisi cetak Linggau Pos, pembaca juga bisa mengaksesnya lewat online,” terangnya.

Selain mendengarkan paparan Sulis, anak-anak juga diajak melihat ruang redaksi tempat proses pembuatan berita di Harian Pagi Linggau Pos.

Sementara itu, Kepala SD IT Annajiyah Sepriyanto melalui Ustadzah Tika Andriani mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Linggau Pos yang telah menerima dengan baik dan memberikan pengalaman serta pengetahuan yang baru mengenai Jurnalistik kepada murid SD IT Annajiyah.

“Semoga dengan kunjungan ini, anak-anak dapat paham dan mengetahui manfaat dari koran, profesi wartawan dan semakin membuat anak semangat untuk giat membaca yang dimulai sejak dini ini. Karena dengan kunjungan ini, kita juga ingin sampaikan kepada anak, bahwa kegiatan jurnalistik tidak hanya ada di TV atau media online, tetapi juga ada di media cetak,” ujarnya.

Tika juga menjelaskan jika kegiatan ini merupakan program outing class yang dilaksanakan rutin oleh SDIT Annajiyah.

“Kegiatan outing class ini dilaksanakan dua kali dalam satu semester. Ini bertujuan untuk mengajak anak-anak belajar secara nyata di luar sekolah. Karena belajar tidak hanya di sekolah saja, tapi apa yang ada di luar sekolah juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran oleh anak-anak,” ungkapnya.

Outing class ini juga bertujuan untuk memberikan refreshing kepada anak-anak yang telah lama belajar di dalam ruangan.

“Sehingga setelah outing class ini mereka akan lebih semangat lagi ketika belajar kembali di dalam ruangan kelas,”harapnya. (AE02)

Rekomendasi Berita