oleh

Murid SD Diimunisasi Campak-Rubella

LINGGAU POS ONLINE – Program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) masih berlangsung Agustus 2019 ini. Seluruh SD negeri maupun swasta diharapkan ikut serta.

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Lubuklinggau sekaligus Kepala Puskesmas Citra Medika, dr Dwiyana Sulistyaningrum, Rabu (14/8).

Menurutnya, BIAS diadakan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, maupun rubella.

“Diutamakan peserta imunisasi ini murid kelas I SD. Imunisasi yang kami berikan itu Campak-Rubella. Biasanya sebelum imunisasi, akan kami sosialisasikan dulu ke sekolah, termasuk kami berikan surat pemberitahuan. Kami harap orang tua mengizinkan anak-anaknya diimunisasi campak rubella. Ini untuk mencegah anak terserang virus rubella,” terang Dwiyana.

Ia menjelaskan, program ini digalakkan Kementerian Kesehatan agar generasi Indonesia ini terbebas dari virus campak dan rubella.

“Jadi sejak 2017-2019 memang ada program e-radikasi (pemusnahan total) virus campak dan rubella. Kalau di Jawa sudah tahun 2017. Sementara di luar Pulau Jawa, mulai 2018. Termasuk di Sumsel ini mulainya 2019. Imunisasi ini gratis, tidak dipungut biaya. Bagi murid yang ternyata berhalangan hadir saat kegiatan imunisasi campak rubella maka bisa datang ke puskesmas didampingi orang tuanya untuk diimunisasi,” jelas dr Dwiyana lagi.

Imunisasi campak dan rubella ini, kata dr Dwiyana, dilakukan sekali seumur hidup. Imunisasi ini penting, untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus campak dan rubella yang bisa menular melalui udara.

“Jadi ketika imunitas anak itu lemah, sangat mudah terserang virus. Salah satunya rubella ini. Gejala anak yang terserang virus ini, biasanya demam tinggi sampai tiga hari. Dan timbul bintik-bintik merah timbul di kulitnya, mata memerah semacam kena infeksi. Rubella sebenarnya bisa sembuh. Tapi kalau mengenai ibu yang hamil, bisa berefek buruk pada janinnya, salah satunya akan menyebabkan kelainan jantung pada janin,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah terinfeksi virus ini, penting bagi anak diimunisasi campak rubella.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri berharap seluruh SD yang jadi sasaran imunisasi ini menyambut baik program ini.

“Silahkan disosialisasikan ke orang tua. Karena imunisasi ini penting. Dan ini program yang positif untuk meningkatkan imunitas anak-anak kita dari serangan virus rubella,” jelasnya. (lik)

Rekomendasi Berita