oleh

Murid MIN 1 Bertanding Pada KSM Tingkat Sumsel

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK KUPANG – Dua murid MI Negeri 1 Lubuklinggau akan mewakili Kota Lubuklinggau dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MI tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Untuk mengikuti kegiatan di Palembang 25 Juli 2018 itu, mereka berangkat dari Kota Lubuklinggau, Senin (23/7) malam.

Dua murid MIN 1 Lubuklinggau itu adalah Hermi Utami Putri dan Sri Agustina.

“Dalam KSM Tingkat Kota Lubuklinggau April 2018, Hermi Utami meraih Juara I KSM Mata Pelajaran IPA Terintegrasi dan Sri Agustina meraih Juara I KSM mata pelajaran Matematika terintegrasi. Berkat prestasi itulah, mereka mewakili Kota Lubuklinggau bertanding dalam KSM Tingkat Sumsel,” jelas Kepala MIN 1 Lubuklinggau Arsiyanti, kemarin.

Keberangkatan mereka ke Kota Palembang malam ini berbarengan dengan peserta MTs dan MA serta seluruh official dari Kantor Kemenag Lubuklinggau.

Arsyanti berharap dua orang muridnya ini dapat terus berlatih dan berdoa, serta tetap percaya diri dan berikan yang terbaik dalam kompetisi tersebut.

“Saya berharap, semua persiapan latihan serta kerja keras yang dilakukan madrasah sejak awal diumumkan menjadi juara pertama hingga saat ini tidak sia-sia. Dua orang murid kita ini bisa meraih juara dan bisa melaju ke KSM tingkat Nasional September mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Guru Pembimbing KSM MIN 1, Asnawati didampingi Hamka dan Rahmatullah menjelaskan pelatihan dan pendampingan telah dilaksanakan intensif dan semaksimal mungkin selama ini, bahkan libur sekolah anak tetap berlatih.

“Kita terus berikan anak latihan intensif, apalagi pelaksanaan KSM tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana tahun ini berbasis komputer. Jadi, anak tidak hanya berlatih materi soal-soal olimpiade, mereka juga berlatih teknik menggunakan komputer, cara mengunduh (dowload), meng-uploud, online dan hal-hal yang berbasis IT,”jelas Asnawati.

Tambahnya, jadi setelah kita berikan pemahaman materi, kisi-kisi soal olimpiade, anak akan belajar men-dowload soal saat online, mengerjakan soal saat offline, dan meng-uploud kembali hasil jawaban saat online, sesuai dengan tata cara pelaksanaan KSM tahun ini.

“Intinya, tahun ini pelaksanaan KSM lebih menantang, tidak hanya murid yang belajar, kita sebagai pelatih pun belajar bagaimana memberikan pemahaman kepada anak mengenai IT ini. Target kami tahun ini bisa berikan yang terbaik, anak kita berhasil meraih juara dan melaju ke tingkat Nasional. Apalagi dua orang murid ini adalah juara umum pertama dan juara kelas,”paparnya.

Asnawati juga memohon doa kepada semua dewan guru dan staf maupun orang tua MIN 1 Lubuklinggau, agar kompetisi ini berjalan dengan lancar, dan dua orang murid ini bisa berhasil mengharumkan nama madrasah, Kota Lubuklinggau di Kancah Provinsi maupun Nasional nantinya. (AE02)

Rekomendasi Berita