oleh

Muratara Persiapan New Normal

LINGGAUPOS.CO.ID – Adanya fase normal baru atau new normal di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) ditenga pandemi Covid19. Sejumblah wilayah tengah dilakukan persiapan-persiapan untuk memasuki fase new normal tersebut.

Begitupun untuk Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), saat ini dalam persiapan fase normal baru tersebut, kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tunut, Selasa (2/5/2020)

“Saat ini di Sumsel sudah empat wilayah fase new normal dan belum termasuk Kabupaten Muratara. Untuk sekarang kami dalam persiapan new normal ini,” jelas Susyanto Tunut.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah daerah menerapkan tatanan baru (new normal) dalam waktu dekat. Dengan kriteria daerah hijau yang dinyatakan oleh gugus tugas nasional.

“Dengan capaian kasus jumlah penderita positif covid19 setidaknya selama 14 hari terakhir tidak bertambah, jumlah OPD dan PDP juga tidak ada penambahan namun adanya penurunan, serta jumlah kematian dimakamkan tidak ada penambahan maupun penularan virus Covid19 pada petugas medis,” tegasnya.

Nah, kriteria itu, menjadi capai kerja gugus tugas Muratara hingga akhir bulan Juni untuk masuk dalam fase new normal.Namun dengan adanya new normal nanti bukan berarti kita kembali ke kehidupan seperti sebelum Covid-19 muncul.

“Apalagi, obat spesifik dan vaksin Covid-19 hingga saat ini belum ditemukan dan kapan adanya. Sehingga masyarakat tidak mungkin mengunci diri terlalu lama hingga obat dan vaksin tersebut ditemukan,” tambah ia.

Untuk itu, pemerintah dalam persiapan new normal ini mempersiapkan tahapannya secara berhati-hati berdasarkan indikator dan kriteria kesehatan. “Kriteria dan indikator yang harus kita jaga. Dalam pelaksanaannya, ada standar, protokol dan evaluasi,” tambah ia.

Harapannya, dengan new normal ke depan agar masyarakat tetap bisa beraktivitas secara produktif dan tetap aman di tengah pandemi dengan beraktivitas, produktif di tengah ancaman virus tapi perilaku dan lingkungan baik tidak mudah terjangkit Covid-19.

Dibalik semua itu, Jubir Covid19 Muratara, Susyanto Tunut menghimbau masyarakat Muratara untuk tetap berpedoman dengan protokol covid19 dalam menjalani aktivitas seperti masker dan mengatur aktivitas yang berlangsung di perkantoran. (*)

Rekomendasi Berita