oleh

Muratara Peringkat Kelima MTQ XXVII Provinsi Sumsel

Bupati Muratara Hadiahi Umrah 13 Kafilah

Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terus menunjukkan eksistensi dan prestasinya ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Acara ini berlangsung di Kabupaten Ogan Ilir sejak dari 27 April 2018 hingga 4 Mei 2018.

Prestasi tersebut dibuktikan dengan diumumkannya Kabupaten Muratara sebagai Juara Harapan II atau peringkat 5 besar dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel pada penutupan MTQ, Jumat (4/5) malam. Raihan diperoleh kafilah Kabupaten Muratara sebanyak 11 medali yakni 3 emas, 5 perak dan 3 perunggu dengan total nilai 33.

Meski baru memasuki umur lima tahun sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), tapi peringkat juara harapan II merupakan capaian memuaskan. Di mana pada MTQ sebelumnya Kabupaten Muratara hanya masuk peringkat sepuluh besar.

Hadir langsung pada saat penutupan dan penyerahan piala, Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat didampingi Sekda, H Abdullah Maktjik dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muratara.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengungkapkan rasa bangga atas upaya para utusan kafilah, baik qori dan qoriah yang telah berupaya semaksimal mungkin guna mengharumkan nama baik Kabupaten Muratara.

“Kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada official, guru Pembina. Berkat semangat dan kegigihannya mampu memacu kemampuan dan prestasi para kafilah kita sehingga hasilnya luar biasa,” jelas Syarif Hidayat.

Lebih lanjut, sebagaimana memotivasi kepada 13 utusan menjadi juara tersebut, akan diberangkatkan ibadah umrah ke tanah suci.

HM Syarif Hidayat juga menyampaikan, tahun 2019 mendatang Kabupaten Muratara dipercaya sebagai tuan rumah. Harapannya masyarakat dapat berpartisipasi mendukung terhadap kesuksesan MTQ nanti.

“Tahun depan kita dipercaya Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ, jadi diharapkan seluruh masyarakat dapat membantu, dan mendukung pelaksanaannya nanti sehingga hasilnya baik dan sukses,” pesan Syarif Hidayat.

Sedangkan, Sekda Kabupaten Muratara, H Abdullah Maktjik juga memberikan apresiasi atas capaian kafilah Kabupaten Muratara. Sehingga mampu menembus juara lima.

“Ini suatu progres yang baik, di mana sebelumnya kita meraih peringkat delapan, tapi tahun ini kita menjadi juara kelima atau harapan II, tentu ini anugerah yang harus masyarakat kabupaten Muratara syukuri,” terangnya.

Lebih lanjut, Sekda mengajak kepada masyarakat khususnya panitia pelaksana MTQ tahun 2019 untuk mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah yang baik demi suksesnya acara tersebut.

Sedangkan Kabag Kesra Setda Muratara, Hoiruddin menambahkan 11 medali tersebut diperoleh pada 11 Cabang yakni Tafsir Bahasa Indonesia Putra, Tilawah Remaja Putra, Qiro’at Mujawat Putra, Fahmil Qur’an regu putri, Kontemporer Putra, Kontemporer Putri, Khat Mushaf Purta, Khat Dekorasi Putra, Khat Dekorasi Putri, khat naskah putra dan khat naskah putri.

“Alhamdulilah, pada MTQ tahun 2018 kita peringkat lima, ada peningkatan sebelumnya. Mudah-mudahan ini menjadi awal untuk lebih baik lagi, apalagi kedepan kita sebagai tuan rumah, sehingga akan berupaya lebih meningkatkan kemampuan utusan kita,” jelas dia.

Untuk juara MTQ XXVII Tingkat Provinsi Sumsel, juara I sekaligus juara umum Kota Palembang, juara kedua tuan rumah Kabupaten OI, Juara ketiga OKI, Juara keempat atau harapan I Kabupaten Banyuasin.(Adv/12)

Rekomendasi Berita