oleh

Muratara Masih Kekurangan Guru

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Kebutuhan guru di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) masih besar. Terutama untuk yang berstatus Aparatur Negeri Sipil (ASN).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muratara, Abdurahman Wahid kepada Linggau Pos, Selasa (26/12).

Ia menjelaskan, saat ini untuk guru SD yang ASN ada 633 orang, sementara non ASN 669 orang. Untuk SMP, 136 guru ASN, 264 orang masih honorer. Sedangkan untuk TK hanya dua orang yang ASN. Selebihnya masih honorer.

“Bersyukurnya, sekalipun banyak honorer, produktivitas mereka (guru) tetap tinggi. Dan setiap tahun, kami berusaha mengajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penerimaan ASN. Namun belum juga dikabulkan,” tutur Abdurrahman.

Sejak 1 Agustus 2017 lalu, lanjut Abdurrahman, Muratara terbantu dengan adanya 58 Guru Garis Depan (GGD).

“Mereka ini statusnya sudah ASN. Penempatan tugasnya juga di wilayah yang memang krisis ASN. Seperti di Desa Pauh, Kecamatan Rawas maupun di Desa Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas. Dengan harapan, ini juga bisa membantu siswa kami di dua desa tersebut untuk mendapatkan layanan pendidikan terbaik,” jelas Abdurrahman.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita