oleh

Muratara Bakal Punya Kampung Matematika

LINGGAU POS ONLINE – Tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan membuat Kampung Matematika. Hal ini merupakan program unggulan Kepala Disdik Kabupaten Muratara, H Sukamto untuk siswa-siswi SD dan SMP.

Sukamto menjelaskan, Kampung Matematika akan dijadikan wahana untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab Matematika merupakan kunci belajar bidang studi eksakta.

Menurut Sukamto, kesalahan pengajaran Matematika di Tanah Air selama ini adalah terlalu menonjolkan angka-angka, rumus atau hitungan. Sehingga penekanan pada otak kiri ini membuat mereka jadi bosan, bahkan menilai Matematika menjadi pelajaran menakutkan.

Padahal, kata Sukamto, Matematika dapat diajarkan dengan permainan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.  Dengan Kampung Matematika, nantinya akan mengimbangkan otak kanan dan kiri sehingga Matematika menjadi sesuatu yang menyenangkan atau mengasyikkan.

Selain Kampung Matematika, Disdik Mura juga akan mendirikan Rumah Belajar sebagai induk kegiatan pembelajaran akademik dan non akademik.

Bapak yang sudah beberapa kali meraih penghargaan bidang pendidikan itu menjelaskan Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran. Portal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar baik itu di dalam dan luar jam sekolah.

Di dalam portal Rumah Belajar terdapat sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar dan Laboratorium Maya. Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki.

Menurut Sukamto, nantinya guru akan membuat bahan ajar yang di-upload di kelas maya dan siswa bisa mengikuti proses belajar mengajar secara virtual, dari rumah mereka masing-masing atau tempat manapun asal tersedia koneksi internet. Dalam Kelas Maya kemajuan proses belajar, dapat dipantau baik oleh guru, siswa, maupun orang tua.

Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Manfaat Rumah Belajar bagi siswa adalah sebagai sumber belajar virtual, pengembangan kreativitas dan data portofolio siswa. Bagi Guru sebagai sumber referensi dan pembinaan profesi guru.

Jadi, kata Sukamto, selain menyediakan fasilitas belajar baik bagi siswa maupun bagi guru, Rumah Belajar juga memiliki berbagai media pembelajaran (multimedia), teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi. Bahkan nanti akan ada kumpulan soal yang lengkap baik untuk latihan maupun try out ujian.

“Mohon doanya, semoga beberapa program unggulan ini terealisasi secepatnya,” tutur Sukamto.(lik)

 

Rekomendasi Berita