oleh

Mura Terima Hibah Aset PUPR Rp42,658 Milyar

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS- Setelah November 2017 lalu menerima Hibah Barang Milik Negara (BMN) senilai Rp 38,570 milyar, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan kembali menandatangani Hibah BMN atas 9 Item Aset senilai Rp 42,658 milyar.

Naskah dan berita acara hibah BMN ini ditandatangani Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (CKKPUPR) RI Ir Sri Hartoyo, Dipl, SE,ME dengan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan di Pendopo Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (25/5).

Penandatangan naskah dan berita acara ini, juga diikuti 195 daerah penerima hibah, yang terbagi atas 4 provinsi, 36 kota dan 155 kabupaten.

Direktur Jendral CKKPUPR RI Ir Sri Hartoyo dalam sambutannya menyampaikan, aset yang diserahkan selanjutnya menjadi tanggungjawab Pemda dan mencatat BMN menjadi aset daerah. Untuk biaya operasional dan perawatan dibebankan kepada APBD.

“Aset yang diserahkan dengan total nominal sebesar Rp 1,563 Triliun, agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya. Seperti truck air untuk memenuhi atau melayani kebutuhan air masyarakat,” kata Sri Hartoyo.

Bupati Musi Rawas disela-sela acara mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, dan bersyukur kepada Allah SWT atas telah diserahkan aset ini ke Pemkab Mura.

Dengan diserahkan aset ini diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan aset. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan, dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakar dapat terwujud.

“Setelah aset ini diserahkan maka selanjutnya, saya memerintahkan Dinas PUCKTR Mura untuk segera mengecek kondisi dan mengoptimalkan aset,” ungkap Bupati.

Bupati berharap, kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan dan merawat aset ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat terus dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya (PUCK) Musi Rawas (Mura) Ristanto Wahyudi menerangkan, bahwa penyerahan aset ini merupakan untuk yang kedua kalinya, dengan total aset sebanyak 32 item dengan nilai keseluruhan aset mencapai Rp 81 milyar.

“Pada tahun 2017 lalu sebanyak 23 item dengan total nilai aset Rp 38,570 milyar, dan untuk saat ini 9 item aset dengan nilai Rp 42,658 Milyar,” terang Ristanto.

Lanjut Ristanto, ada pun 9 item aset yang dihibahkan di bidang pengembangan sistem penyediaan air minum, yang dibangun dari tahun anggaran 2009 hingga 2014.

“Dengan diserahkannya aset BMN ini ke Pemkab Mura, maka untuk pemeliharaan dan pengoperasian termasuk perawatan selanjutnya akan dibiayai oleh APBD Musi Rawas,” tegas Ristanto. (Rls/04)

Rekomendasi Berita