oleh

Mura Ikuti Penilaian Kabupaten Sehat

MUSI RAWAS – Kabupaten Musi Rawas (Mura) bakal mengikuti ajang Kabupaten Sehat Tingkat Nasional. Karena syarat dan kriteria untuk mengikuti ajang nasional ini telah terpenuhi, dilihat dari indikator sudah memenuhi 85 persen.

Hal itu disampaikan, Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr Imran Agus Nurali saat audiensi dengan Bupati Mura, H Hendra Gunawan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Rabu (9/1).

Diketahui 2019 ini adalah tahun ganjil, setiap tahun ganjil ini ada apresiasi penghargaan dari Kemenkes dan Kemendagri. Dari sisi itu, Kabupaten Mura mau mengajukan ikut ajang kabupaten sehat.

Penilaiannya Juli sampai Oktober 2019 lintas departemen, dan Kabupaten Mura baru pertama kali mengikuti ajang ini. Ajang ini ada tatanan yang harus dipenuhi, yakni sarana dan prasarana umum yang sehat, dari infrastruktur bangunan-bangunan yang memenuhi kecukupan kesehatan.

Seperti Puskesmas, sarana PDAM dan sanitasi. Artinya dampak kepada masyarakat mandiri dan sehat. Salah satunya, kegiatan yang ada di masyarakat, Posyandu, inovasi itu serta bentuk dampak positif kegiatan lainnya.

Event kabupaten sehat diadakan dua tahun sekali, tujuannya berdampak kepada ekonomi masyarakat.

“Saya lihat niat Kabupaten Mura mengikuti ajang ini sudah ada dan dokumennya sudah mulai disusun,” kata Imran Agus Nurali.

Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan sangat bersyukur dengan kedatangan Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI. Ini ajang pertama kali sosialisasi dan memotivasi.

Kabupaten Mura siap untuk mengikuti ajang ini, apalagi didukung dengan data yang ada. Karena sejak ia dilantik sudah meluncurkan gerakan Mura Sempurna Sehat. Ia menjelaskan, jika setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disinergikan dan bergotong royong, insya Allah akan tercapai.

“Kita sudah ke lapangan untuk memberi sosialisasi, supaya masyarakat setop BAB di sungai. Dan masyarakat diminta membuat jamban sehat,” jelas Hendra Gunawan. (dlt)

 

Rekomendasi Berita