oleh

Mura Dukung Perhelatan Asian Games

Gubernur Hadiri Rapat Istimewa Hari Jadi Mura

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) mendukung pelaksanaan Asian Games Agustus 2018 nanti. Terlebih ibukota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam hal ini Kota Palembang merupakan tuan rumah perhelatan tersebut.

“Salah satu yang menjadi fokus kita, mengenai pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Karena sejak saya dilantik jadi Bupati Musi Rawas, 2 Februari 2016 lalu hal ini juga yang dipesan Gubernur Sumsel Pak H Alex Noerdin kepada kami,” terang Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Senin (23/4).

Oleh karena itu, pencegahan Karhutla benar-benar jadi prioritas. Dengan melakukan antisipasi serta sosialisasi.

Ia memastikan, Pemkab Musi Rawas komitmen mendukung pelaksanaan Asian Games yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini, yaitu Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah. Dan koordinasi dengan seluruh pihak, agar masyarakat tidak membakar hutan.

“Saya terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak, baik TNI (Dandim 0406 Mura), Polri (Kapolres Musi Rawas), Kecamatan bahkan Perangkat Desa. Untuk terus memantau titik api (hotspot), dan terus menyosialisasikan bahaya Karhutla, baik bagi ekosistem lingkungan maupun kesehatan,” jelas Hendra Gunawan.

Selain itu, ia terus mendorong perangkat desa dan masyarakat, agar tidak membakar hutan dan lahan. Serta memanfaatkan lahan kosong, agar dihijaukan dengan cara ditanam dengan tanaman yang produktif, dan bermanfaat untuk masyarakat saat ini dan generasi yang akan datang.

“Harapan kami, Sumsel menjadi tuan rumah yang baik, untuk Asian Games Agustus 2018 mendatang,” tegasnya.

Berkenaan dengan momen Hari Jadi Kabupaten Musi Rawas ke-75, H Hendra Gunawan menegaskan sepanjang tahun 2016 sampai dengan 2021, ia ingin mewujudkan Mura Sempurna dalam berbagai bidang.

“Untuk mewujudkan harapan tersebut, kami bermodal semangat gotong royong untuk kebangkitan perekonomian rakyat, melalui pelayanan birokrasi yang profesional demi terwujudnya Mura Sempurna, Menuju Sumsel Gemilang,” ungkap Hendra Gunawan.

Ditambahkan Hendra Gunawan, ia telah melakukan gerakan Mura Sempurna. Yaitu sehat, cerdas, menanam, cinta Alquran dan memakmurkan masjid, gerakan bersadaqoh dan kartu petani Mura makmur di seluruh kecamatan.

“Semoga pada usia yang ke-75 ini, Musi Rawas semakin maju dan merata pembangunan di 14 kecamatan dan 186 desa. Sehingga akhirnya terwujud visi Mura Sempurna,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Musi Rawas ke-75. Dengan usia yang sudah matang dan diakuinya tetap masih ada ‘PR’, tetap terus dilakukan perbaikan-perbaikan guna menuju Mura Sempurna 2021.

“Kita tahu Musi Rawas merupakan kabupaten induk, yang sudah ‘melahirkan dua anak’. Tentunya kita harus terus melakukan perbaikan-perbaikan, terutama infrastruktur, peningkatan kesejahteraan dan pengentasan daerah tertinggal. Dengan harapan sesuai keinginan seluruh masyarakat, menuju Mura Sempurna,” ungkapnya.

Ucapan selamat untuk Musi Rawas juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas, Yudi Fratama. Ia mengharapkan, kemajuan dan kesejahteraan terus dirasakan masyarakat Musi Rawas pada usianya saat ini.

“Tentunya kita berharap Musi Rawas bisa lebih baik dan lebih maju, serta semangat kebersamaan Bupati beserta jajarannya dengan DPRD, mampu membawa kesejahteraan untuk masyarakat. Semua yang dilakukan selama ini dan yang akan datang, pastinya untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya pengentasan kemiskinan serta daerah tertinggal, menuju Mura sempurna,” ungkap Yudi.

Menjelang perhelatan Asian Games, sebagai bagian dari masyarakat Sumsel ia mengungkapkan sudah seharusnya menjadi kebanggaan tersendiri. Karena Sumsel, menjadi tuan rumah.

“Kita bangga sebagai bagian dari masyarakat Sumsel, karena Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games. Apalagi Indonesia dalam sejarahnya, untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah. Pertama tahun 1962, tuan rumah Asian Games IV, dan sekarang tuan rumah Asian Games XVIII. Kita berharap bukan pertandingan olahraganya saja, namun ajang bergengsi bisa menjaga harkat dan martabat bangsa kita di mata dunia. Sebagai tuan rumah pastinya kita mendukung penuh, terutama mengenai Karhutla yang harus terus diantisipasi,” jelasnya.

Untuk Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Musi Rawas ke-75, dijadwalkan pukul 13.30 WIB.

“Insya Allah dihadiri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Zulkarnain, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto, mantan Bupati, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya,” lanjutnya. (13/04)

Rekomendasi Berita