oleh

Mura Bakal Rekrut CPNS

“Pengajuan CPNS dan PPPK ke KemenPAN-RB tahun 2019 ini dengan mempertimbangkan kebutuhan pegawai, dan jumlah pegawai Pemkab Mura yang akan pensiun,” kata Wiwiek Widianingsih.

LINGGAU POS ONLINE – Terkait pemerintah kembali menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musi Rawas (Mura) masih menunggu petunjuk dari KemenPAN-RB.

Hal tersebut dipastikan Kepala BKPSDM Mura, H Rudi Irawan melalui Kabid Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai, Wiwiek Widianingsih kepada koran ini, Rabu (24/7).

Namun, Pemkab Mura mengajukan 567 CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ke KemenPAN-RB. Dari total jumlah yang diajukan, untuk pengajuan CPNS sebanyak 170 orang dan PPPK sebanyak 397 orang.

Dikatakan, untuk kategori PPPK ini dibagi dalam dua tahap. Di mana untuk pertama sebanyak 136 orang dan tahap kedua sebanyak 261 orang. Adapun untuk kategori PPPK tahap pertama sudah melaksanakan tes penerimaan.

“Pengajuan CPNS dan PPPK ke KemenPAN-RB tahun 2019 ini dengan mempertimbangkan kebutuhan pegawai, dan jumlah pegawai Pemkab Mura yang akan pensiun,” kata Wiwiek Widianingsih.

Menurutnya, pada 2019 ini saja ada 98 PNS yang pensiun. Dan jumlah pensiun itu setiap tahunnya berubah.

“Dari 98 PNS pensiun berlatar belakang pendidikan guru dibandingkan dibidang kesehatan dan teknis. Sebab rata-rata tenaga pengajar semuanya berusia 60 tahun,” jelasnya.

Mengenai rinciannya usulan CPNS tahun ini belum jelas. Hanya sebatas pengusulan, kelanjutannya, masih menunggu petunjuk teknis kementerian berapa jumlah kuota yang disetujui.

“Tetapi kita usulkan kebutuhannya untuk tenaga guru, kesehatan dan teknis,” imbaunya.

David (31) warga Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti mengatakan dirinya sudah dua kali mengikuti tes CPNS, tetapi tidak pernah dapat.

“Kita (masyarakat) menunggu terus atas pembukaan CPNS itu. Karena tahun ini saya targetkan lulus,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita