oleh

Mulai Gunakan Rapor Digital

#MAN 2 Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Guru MAN 2 Lubuklinggau mengikuti sosialisasi penggunaan Aplikasi Rapor Digital (ARD), di Laboratorium Komputer, Senin, (17/12). ARD akan mulai digunakan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019.

Hal ini dijelaskan Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin melalui Waka Kurikulum, Dra Hj Arina Suyetty, kemarin.

Penggunaan ARD ini, sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang Penggunaan ARD Madrasah. Oleh karena itu, kata dia, sejak semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini MAN 2 Lubuklinggau mulai menerapkan rapor digital.

“Dan dikarenakan dewan guru masih dalam proses penggunaan ARD, pembagian rapor anak-anak dilakukan setelah libur, tepatnya 31 Desember 2018,” ungkapnya.

Kemarin, guru dapat sosialisasi penggunaan aplikasi ARD. Sosialisasi ini juga dimentori oleh operator MAN 2, Heli Husni.

“Dengan harapan adanya sosialisasi ARD hari ini, dewan guru dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk pengisian rapor siswa tahun pelajaran 2018/2019. Yang mana pada semester ini ditargetkan selesai 21 Desember 2018 mendatang,” jelasnya.

Arina menjelaskan, adanya aplikasi ARD sangat bagus. Karena selain memudahkan guru dalam pengisian rapor, ARD ini juga akan membawa perubahan dan membuka wawasan bagi seluruh madrasah.

“Yang jelas pemahaman IT guru akan semakin meningkat, dan mutu pendidikan di madrasah akan lebih baik lagi. Karena dengan ARD ini, data yang kita upload akan tersimpan dengan aman disistem. Tapi kedepannya, saya berharap ARD ini akan bisa digunakan secara online, tidak seperti saat ini yang masih offline masih di ruang lingkup kerja madrasah, dan guru hanya bisa menggunakan aplikasi ARD di sekolah saja,”katanya.

Ia juga berharap ARD ini akan lebih baik lagi kedepannya, agar bisa dikerjakan di mana saja dan kepada semua guru agar dapat menggunakan aplikasi ini dengan sempurna dan pengisian rapor digital bisa dilaksanakan sesuai target yang telah ditentukan.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk kemajuan madrasah,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang guru MAN 2, Dra Hj Huzaimah mengatakan adanya ARD ini sangat bagus, karena ini merupakan tuntutan zaman yang harus diikuti.

“Mungkin saat ini kendalanya karena masih baru, jadi para guru masih bingung. Dan saya yakin semester depan guru-guru akan mudah dalam menggunakan aplikasi ini. Saran saya, ke depan input data ARD ini bisa dikerjakan secara online, sehingga guru bisa mengerjakan pengisian rapor di rumah tak harus di sekolah,” harapnya. (rrf)

Rekomendasi Berita